Inilah 5 Cara Cek Nomor IMEI di HP Kamu

#kamisukareview – Setiap perangkat HP baik itu flagship maupun low-end akan datang dengan nomor identitas khusus yang disebut sebagai International Mobile Equipment Identity atau yang sering dikenal sebagai IMEI, bagaimana kamu bisa menemukan nomor IMEI tersebut? Pada tulisan Tips dan Trik kali ini kami ingin membahas 5 cara untuk cek nomor IMEI di HP kamu dengan mudah.

Nomor IMEI dianggap sesuatu yang penting pada sebuah HP karena dari nomor IMEI inilah kamu bisa memblokir HP yang hilang atau dicuri, selain bisa juga digunakan untuk melacak posisi HP tersebut walaupun untuk melakukan hal ini kamu harus minta bantuan kepada operator itupun dengan sejumlah syarat yang harus kamu penuhi.

Dengan begitu pentingnya nomor IMEI tersebut, maka kamu perlu tahu, dimana saja kamu bisa menemukan atau cek nomor IMEI pada sebuah HP.

Cara Cek Nomor IMEI di HP

1. Menekan *#06#
Cara ini bisa dilakukan pada semua HP, baik itu HP terbaru maupun HP jadul. Untuk memeriksa atau cek nomor IMEI dengan cara ini, kamu hanya tinggal masuk ke Panggilan seperti akan menelepon, lalu tekan *#06# biasanya nomor IMEI akan langsung ditampilkan di layar.

2. Membuka menu Setting

Untuk kebanyakan HP saat ini, nomor IMEI bisa ditemukan di menu Setting, kamu hanya tinggal masuk ke menu tersebut, untuk iPhone kamu hanya tinggal masuk ke Setting > General > About. Sedangkan untuk Android ada di menu Setting > About Phone > Status (namun letaknya mungkin berbeda tergantung merek HP yang digunakan).

3. Tercetak pada body belakang HP

Cara menemukan nomor IMEI
Nomor IMEI pada bagian body belakang iPhone 6

Sejumlah produsen bahkan ada yang sengaja mencetak nomor IMEI ini di body bagian belakang HP. Hal ini seperti yang dilakukan Samsung pada Galaxy S7 atau Apple iPhone 6.

4. Di Kotak Penjualan

Cara menemukan nomor IMEI
Nomor IMEI di kotak penjualan

Kebanyakan produsen biasanya menempelkan nomor IMEI dan nomor serial HP di bagian luar kotak penjualannya. Jika kamu perhatikan, pada bagian luar kotak HP, selain terdapat stiker yang berisi informasi teknis juga terdapat nomor IMEI dari HP tersebut.

5. Di Slot Kartu SIM

cara menemukan nomor
Nomor IMEI pada slot SIM Card

Selain yang disebutkan di atas, pada sebagian HP,. Nomor IMEI biasanya dicetak pada slot kartu SIM yang ada, jika di HP tersebut memiliki dua buah slot kartu SIM maka masing-masing slot akan memiliki nomor IMEI yang berbeda.

Itulah cara memeriksa dan menemukan nomor IMEI di HP kamu, walaupun demikian, nomor IMEI ini juga kerap ditemui pada perangkat elektronik lain seperti kamera digital, smartwatch, action cam dan perangkat lainnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published.