Cara Menyembunyikan File di HP Android

#kamisukareview – Dalam beberapa kasus terkadang kita ingin menyembunyikan file di perangkat Android yang kita gunakan, entah itu file dokumen, file foto, file video maupun file lain agar orang lain tidak bisa mengakses file tersebut. Berikut ini ada sejumlah cara untuk menyembunyikan file di HP Android kamu.

Untuk menyembunyikan file di HP Android, kamu tidak harus melakukan rooting terhadap perangkat Android yang digunakan, bahkan untuk sejumlah type Hp tertentu kamu tidak harus menginstal aplikasi tambahan.

Berikut ini adalah cara untuk menyembunyikan file di HP Android kamu :

Tambahkan Tanda Titik di Awal Nama File/Folder

Salah satu cara mudah untuk menyembunyikan file di Android, kamu hanya perlu melakukan rename (mengganti nama file) menambahkan tanda . (‘titik’) di awal nama file atau folder yang ingin kamu sembunyikan, Setelah hal ini dilakukan, kamu tidak akan bisa melihat file tersebut baik dari file manager maupun dari gallery (jika file yang disembunyikan sebelumnya terlihat di gallery), karena file tersebut akan di sembunyikan oleh system.

Cara menyembunyikan file di Android
Ganti nama file yang ingin disembunyikan dengan menambahkan titik di awal nama file tersebut.

Untuk bisa mengaksesnya kembali, kamu harus menggunakan opsi Show Hidden File pada aplkasi File Manager, namun untuk sejumlah type HP Android tertentu, hal ini tidak bisa dilakukan oleh aplikasi File Manager bawaan, solusinya kamu harus enginstal aplikasi ES File Manager dari Google PlayStore.

Ganti Ekstensi File Dengan Nama yang Tidak Dikenali Android

Cara lainnya ialah dengan mengganti ekstensi file (file extension) atau akhiran file agar tidak dikenali oleh system, sehingga nantinya file tersebut tidak terbaca terlihat di bagian gallery HP Android kamu.

Caranya hampir sama dengan cara di atas, hanya yang diganti ialah akhiran filenya. Misalkan file yang ingin disembunyikan ialah file gambar yang memiliki akhiran .JPG maka akhiran tersebut kita ubah menjadi akhiran lain misalkan .JPX atau untuk file video bisa diganti dari .MP4 menjadi .MPX atau akhiran lain yang sekiranya tidak terlihat oleh system Android.

Cara Menyembunyikan File di Android
mengganti Ekstensi File .JPG menjadi .jpx untuk menyembunyikan file di Android

Untuk mengembalikan file tersebut agar kembali terlihat, kamu hanya tinggal mengganti lagi ekstensi file tersebut dengan ekstensi yang sesuai dengan sebelumnya.

Dengan cara diatas, kamu bisa menyembunyikan file, baik untuk file foto, video, dokumen ataupun juga folder. Atau bisa juga kalian instal aplikasi berikut:

KeepSafe Photo Vault: Hide Private Photos & Videos

Aplikasi Android ini menyuguhkan layanan untuk menyembunyikan file video atau foto di HP milikmu. Terutama dari mereka yang tahu password, PIN, atau pola kunci di perangkat kita.

Nah, bagaimana aman kan? Buat info saja, aplikasi ini juga memberikan fitur keamanan berupa pemberitahuan ketika ada orang yang salah mengisi password.

Hide Pictures & Videos – Vaulty

Inilah aplikasi Android yang cocok buat menyembunyikan foto dan video di HP yang sudah terpercaya dan teruji. Dibandingkan aplikasi sejenis, Vaulty bisa dibilang merupakan produk jadul. Tapi, karena sudah ada banyak orang yang menggunakannya, jadi yang paling terpercaya.

Cara menyembunyikan file di HP Android dengan aplikasi Vaulty pun mudah, kok. Cukup unduh dan pasang aplikasinya. Lalu, jalankan langkah-langkah yang ditunjukkan pada aplikasi. Pilih file yang kamu inginkan. Maka, file tersebut –baik foto maupun video- tak akan lagi muncul di galeri

Sayangnya, aplikasi ini bakal secara otomatis back-up semua file milikmu ke Google Drive. Jadinya, tentu akan berbahaya jika sampai akun Google milikmu dikuasai orang lain.

Hide Something

Jika memakai aplikasi Hide Something, kamu bisa melindungi aplikasi dari orang-orang yang iseng. Bahkan, tersedia juga halaman login palsu yang bisa mengecoh orang-orang tersebut. Lucu kan?

Fotox

Di samping itu, aplikasi ini akan menyembunyikan aplikasi Anda tanpa bisa dideteksi oleh sistem atau aplikasi lainnya. Proses uninstall aplikasi ini juga diproteksi secara khusus, sehingga tidak ada orang yang dapat menghapus aplikasi ini kecuali diri Anda sendiri.

Aplikasi android ini bisa memproteksi foto dari tangan-tangan jahil lho. Menariknya banyak hal bisa dilakukan jika Anda menggunakan Fotox.

Ia menyuguhkan 4 jenis proteksi, seperti PIN, password, pola, dan pendeteksi wajah. Jadi, simpanlah semua foto pribadi Anda di dalam Fotox.

Photo Locker

Photo Locker merupakan salah satu aplikasi terbaik yang menjamin keamanan dari data privasi Anda. Semua data yang ada di dalam Photo Locker akan dienkripsi untuk memastikan bahwa tidak ada yang dapat melihat selain pemilik smartphone tersebut.

Tak perlu takut kalai misalnya Anda lupa mengunci aplikasi ini, karena Photo Locker dilengkapi dengan fitur kunci otomatis. Semua gambar juga dapat dikembalikan ke Galeri secara mudah. Pemulihan password juga cukup mudah karena hanya memerlukan email Anda.

Dengan cara menyembunyikan file di HP Android, Anda tidak perlu khawatir lagi dengan para stalker yang sering ‘kepo’ terhadap file atau data di smartphone Anda. Selain menggunakan berbagai aplikasi di atas, Anda juga dapat mencoba aplikasi keamanan lainnya yang pernah kami ulas di artikel ini.

Safe Gallery Free

Aplikasi Android ini bermanfaat untuk menyembunyikan file di Galeri. Ada 3 jenis proteksi yang diberikan aplikasi ini, yakni PIN, password, dan pola tertentu. Kita bisa melakukan back up data untuk berjaga-jaga bilamana data utama Anda hilang atau terhapus.

Safe Gallery juga memisahkan gambar yang berasal dari Galeri smartphone dengan gambar-gambar dari web, tetapi kedua jenis gambar tersebut tetap memperoleh jenis proteksi yang sama. Sesuai dengan namanya, Safe Gallery Free ini bisa diunduh secara gratis melalui Google Play Store.

Nah, bagaimana sudah tak takut lagi dengan keamanan file, foto atau video yang kita miliki di HP Android kan. Atau kalian punya rekomendasi aplikasi atau cara lain yang lebih baik? Jangan segan-segan kasih saran ya.