Mengenal Siri Pada iPhone 4S: Bisa Diajak Ngobrol dan Curhat

Siri adalah teknologi Fitur Voice Assistant yang sengaja dibenamkan pada iPhone 4S. Semula saya menganggapnya sebagai fasilitas ‘voice command’ biasa. Tapi begitu saya tonton sendiri kemampuan Siri, barulah saya mengerti kenapa ‘mahluk hidup digital’ yang satu ini bisa membuat orang-orang terkesan.

Fitur baru pada iOS 5 ini muncul bersamaan dengan peluncuran iPhone 4S pada 4 Oktober lalu. Nah, di ajang tersebut dibagikan penjelasan tentang Siri: Sebuah fitur yang memungkinkan Anda menggunakan perintah suara untuk mengirim pesan, membuat jadwal, menelepon seseorang, dan beberapa perintah lainnya.

Anda mungkin merasa sudah familiar dengan fitur perintah suara. Apalagi iOS sendiri  sebelumnya sudah bisa melakukan hal ini. Tapi ternyata Siri memiliki kemampuan lebih dari sekedar voice control atau voice command. Ini yang membuat Apple menjulukinya sebagai voice assistant.

Bagaimana tidak, Anda bisa menyuruh Siri membuat pesan SMS cukup dengan perintah suara. Dengan Siri Anda juga bisa menanyakan cuaca hari ini, meminta petunjuk jalan, ngobrol tentang resep menanyakan resep atau informasi lain. Oleh Siri pertanyaan yang Anda ajukan akan dijawab bersumber pada Wikipedia, Wolfram Alpha, atau sumber informasi lainnya. Tak heran, untuk mendukung kemampuan Siri, smartphone Anda harus online setiap saat.

Menariknya, Anda juga bisa ngobrol dan curhat pada Siri dengan jawaban-jawaban yang kadang-kadang menggelikan dan menggelitik. Seolah-olah, Siri adalah ‘mahluk hidup’ yang mengerti keinginan dan pertanyaan kita. Tapi, penjelasan lewat artikel saja menurut saya tidak cukup karena Anda harus menyaksikan sendiri bagaimana Siri beraksi.

Nah, tak perlu lagi saya berpanjang lebar menulis, biarlah video berikut ini bicara untuk Anda mengenai kemampuan Siri.

Tika M

The strongest actions for a woman is to love herself, be herself and shine amongst those who never believed she could.”

Leave a Reply

Your email address will not be published.