Kamera Mirrorless Murah Terbaik Oktober 2020

#kamisukareview – Kamera mirrorless murah semakin menjadi buruan masyarakat. Khususnya kalangan yang mempunyai minat di dunia fotografi dan videografi. Atau mereka yang ingin jadi content creator, vlogger atau selebgram.

Dengan kualitas foto atau video setara kamera DSLR, kamera mirrorless mampu menjadi alternatif pilihan. Apalagi bentuknya lebih kompak, ringkas dan ergonomis.

kamera mirrorless terbaik

Beberapa tahun lalu, orang yang menyukai fotografi harus rela merogoh kocek lebih dalam untuk bisa memenuhi hasratnya, karena tanpa peralatan yang memadai hobi “jeprat-jepret” tidak akan bisa tersalurkan.

Karena itu, pada jaman itu hobi fotorgrafi hanya terbatas bagi mereka kalangan ber-duit saja. Namun berbeda dengan saat ini, dimana ada kamera mirrorless murah yang telah dilengkapi dengan kemampuan kamera yang mumpuni.

Perkembangan itu juga didukung dengan hadirnya aplikasi pendukung fotografi yang berlimpah. Sehingga untuk saat ini, hampir semua orang bisa menghasilkan foto yang setara dengan hasil foto profesional.

Selain fitur kamera yang ada pada ponsel, sejumlah produsen juga telah melahirkan berbagai jenis kamera yang beragam, setelah hadirnya kamera DSLR, saat ini dunia fotografi tengah dihebohkan dengan kehadiran jenis kamera mirrorless yanv harganya murah terjangkau.

Lantas apa yang membuat kamera mirrorless ini banyak diminati pengguna? Berikut akan kami bahas kelebihan dari kamera mirrorless ini.

Adanya Viewfinder elektronik

Viewfinder elektronik yang ditambahkaan pada kamera mirrorless murah atau mahal memiliki fungsi yang lebih canggih dibanding viewfinder manual yang terdapat pada kamera DSLR.

Dengan fitur canggih tersebut, viewfinder pada kamera mirrorless mampu menangkap sensor cahya tanpa henti. Dengan begitu, apa yang dilihat pada viewfinder akan sama persis dengan Apa yang dihasilkan oleh foto.

Sehingga sebelum kamu menekan tombol shutter kamu bisa melihat hasilnya di layar viewfinder tersebut.

Tidak hanya itu, kemampuan viewfinder pada kmaera jenis ini juga mampu mengenali fokus lebih cepat kendati pencahayaan yang ada di sekitar sangat minim, sehingga bagi fotografer pemula fitur ini akan sangat membantu.

Ukuran Mungil, Mobilitas Tinggi

Kamera mirrorless baik yang murah atau mahal umumnya memiliki ukuran yang mungil, dengan dimensi tersebut, selain lebih nyaman bagi pengguna, juga menjadi lebih kompak sehingga tidak membebani penggunanya saat kamera ini dibawa bepergian.

Menghasilkan Video Berkualitas

Selain mampu membuat foto yang bagus, kamera mirrorless juga menghasilkan video berkualitas tinggi dengan resolusi HD atau 4K. Karena itu kebanyakan vlogger banyak menggunakan kamera ini untuk meembuat konten mereka.

Walaupun memiliki banyak kelebihan, bukan berarti kamera mirrorless murah tidak memiliki kekurangan, salah satu kekurangan yang kerap ditemuai pada kamera mirrorless ini ialah daya tahan baterainya yang boleh dibilang lemah.

Untuk lebih jelasnya, kita ambil perbandingan antara kameraa DSLR dengan kamera mirrorless. Kamera DSLR mampu mengambil gambar antara 600 hingga 800 kali. Sementara kebanyakan kamera mirrorless hanya mampu digunakan untuk mengambil gambar antara 300 hingga 400 buah gambar.

Solusinya kamu harus membeli baterai cadangan. Kecuali jika kamu memang tidak keberatan dengan kemampuan baterai kamera mirrorless ini.

Kamera Mirrorless Murah Terbaik 2020

Penasaran dengan ragam pilihan yang tersedia di pasaran? Berikut Ini adalah daftar kamera mirrorless murah terbaik yang tersedia di pasaran per Oktober 2020.

1. Xiaomi Yi M1

xiaomi yi M1 mirrorless murah

Selain dikenal sebagai produsen HP, Xiaomi juga merupakan pabrikan yang banyak memproduksi barang-barang elektronik rumah tangga lainnya. Termasuk diantaranya ialah kamera mirrorless lewat produknya yang bertajuk Xiaomi Yi M1.

kehadiran kamera ini pada tahun 2016 lalu terbukti bisa bersaing dengan kamera mirrorless yang ada di pasaran saat itu.

Dengan kemampuan sensor 4/3 20 megapiksel yang disematkan pada kamera Xiaomi Y1 M1 ini membuatnya cukup menarik sehingga banyak dilirik oleh sejumlah fotografer profesional.

Menariknya, kehandalan kamera racikan Xiaomi ini cukup ditebus dengan harga sekitar Rp. 4,9 jutaan saja.

Cek Harga di ShopeeCek Harga di Lazada

2. Nikon J5

nikon j5

Nikon telah lama dikenal sebagai produsen kamera, tak afdol rasanya jika kami tidak memasukan merek ini kedalam daftar kami, hal itu tidak kami buat-buat.

Lantaran Nikon memang memiliki produk kamera mirrorless bagus dengan harga yang cukup terjangkau melalui produknya yang bernama Nikon J5.

Nikon J5 memiliki body ramping dengan desain retro ala kamera klasik, dengan dimensinya itu, kamera ini sangat nyaman saat digenggam. Jika kamu sering melakukan traveling atau jalan-jalan, kamera Nikon J5 ini mungkin sangat pas buat menemani aktivitasmu itu.

Hadir dengan lensa ber-sensor 20.8 MP CX-Format serta sensor BSI CMOS, ia tidak hanya mampu menghasilkan gambar yang bagus namun juga video Full HD yang nyaman dipandang.

Bagi kamu yang tengah mencari kamera mirrorless berharga terjangkau, mungkin Nikon J5 ini bisa menjadi pilihan, saat tulisan ini kami buat harganya hanya sekitar Rp. 4,6 juta-an saja.

Cek Harga di ShopeeCek Harga di Lazada

3. Canon EOS M10

canon eos m10

Siapa yang tak mengenal brand Canon, produsen kamera ternama ini juga telah merilis kamera mirrorless yang bernama Canon EOS M10, sama dengan sejumlah kamera mirrorles diatas.

Dimensi dari EOS M10 ini cukup ramping dan ringan sehingga mudah untuk dibawa-bawa, dari pengalaman penulis menggunakan kamera ini.

Selain bobotnya yang ringan, kita juga bisa menemukan aksesoris dan lensa tambahan pihak ketiga di pasaran yang ditawarkan dengan harga yang lebih murah.

Kamera ini memiliki kemampuan 18 megapiksel dengan APS-C CMOS yang mampu menghasilkan gambar tajam dan berkualitas, bahkan saat digunakan dengan cahaya yang minim.

Dengan merogoh kocek kurang dari Rp. 5 juta, kamu sudah bisa memiliki kamera mirrorless handal dari merek ternama dengan kualitas yang tidak diragukan lagi.

Cek Harga di ShopeeCek Harga di Lazada

4. Sony A6000

sony a6000

Selain memproduksi perangkat elektronik rumah tangga, Sony juga memiliki protofolio yang cukup baik di ranah kamera, salah satu produk kamera mirrorless racikan produsen asal Jepang ini ialah Sony A6000, kamera ini menjadi kamera mirrorless terbaik dan termurah dari Sony.

Salah satu keunggulan yang dimiliki oleh kamera ini ialah kemampuan lensa 24,3 megapiksel. Tak hanya itu, para pecinta fotografi menyukai kamera ini.

Alasannya kameranya memiliki sensor berteknologi APS-C Exmor serta APS HD CMOS yang mampu menghasilkan gambar beresolusi tinggi serta video berkualitas Full HD.

Dibanderol dengan harga Rp. 5,8 jutaan kamera ini dijamin mampu memenuhi semua kebutuhan para fotografer.

Cek Harga di ShopeeCek Harga di Lazada

5. FujiFilm XA3

fujifilm kamera

FujiFilm menjadi salah satu produsen kamera yang tidak diragukan lagi, mereka juga memiliki produk kamera mirrorless canggih yang tak kalah menarik lantaran ditawarkan dengan harga Rp. 4,8 juta – Rp. 5 jutaan saja.

Cek Harga di ShopeeCek Harga di Lazada

Kamera tersebut ialah FujiFilm XA3 dimana salah satu variannya hadir dengan warna Pink atau merah muda, selain warna coklat dan hitam untuk bodynya.

Viewfindernya memiliki kemampuan layar sentuh yang memudahkan bagi penggunanya saat melakukan pengaturan, bagian viewfinder ini juga bisa diputar menghadap ke depan.

Sehingga memudahkan bagi pengguna saat mengambil foto selfie atau video untuk membuat konten vlog.

Kamera FujiFilm XA3 ini hadir dengan kemampuan lensa beresolusi 24,2 megapiksel yang ditemani dengan sensor APS-C yang mampu menghasilkan gambar dan video berkualitas.

Dengan hadirnya sejumlah kamera mirrorless murah yang ada di pasaran saat ini, kamu bisa menyalurkan hobi fotografi kamu dan sudah saatnya membuat konten foto dan video berkualitas.