Dilego Rp3,5 Jutaan, Pilih Nokia 6.1 atau Realme 2 Pro?

#kamisukareview – Yang satu pemain lawas yang sempat jaya dan mendominasi pasar ponsel di Indonesia. Kini, lahir kembali dengan penawaran beberapa fitur unggulan.

Sementara yang satu lagi pemain baru, bahkan kabarnya lebih fokus menyasar kaum muda dunia dan ingin menjadikan simbol/ikon sebagai ponsel generasi millennial.

Diluncurkan pada Agustus dan Oktober 2018, keduanya hadir dengan tawaran harga yang nyaris sama. Di toko-toko, kamu bisa menemukan keduanya dengan banderol tak kurang dari Rp3,5 jutaan.

Nah, jika kamu bingung memilih di antara keduanya, kami akan memberikan sedikit gambaran terkait desain, spesifikasi, dan nilai tambah lainnya.

Desain dan layar 

Soal desain, Nokia 6.1 hadir dengan balutan aluminium, sementara Realme 2 Pro tampil dengan gestur plastik disekujur bodinya. Keduanya pun dilengkapi sensor sidik jari (fingerprint) yang terpasang di bagian punggung.

Masing-masing mengusung layar berponi yang tengah tren saat ini dengan teknologi IPS LCD capacitive touchscreen. Namun begitu, layar kekinian yang diusung keduanya berbeda ukuran.

Nokia 6.1 hadir dengan ukuran 5,5 inci dengan rasio layar ke bodi sebesar 73,2%, sementara Realme 2 Pro tampil lebih lapang, yakni 6,3 inci dengan rasio layar ke bodi yang mencapai 84%.

Meski berbeda ukuran, layar keduaya didukung proteksi guratan dengan pemasangan lapisan Gorilla Glass 3.

Buat kamu yang menggemari ponsel layar jumbo, boleh deh memilih Realme 2 Pro di bagian ini.

 

Kamera 

Pada sektor kamera, keduanya keduanya jelas berbeda. Nokia hadirkan kamera tunggal 16MP PDAF Zeiss Optic pada varian 6.1. Sementara Realme 2 Pro hadir dengan lensa ganda 16MP + 5 MP dengan desain horizontal.

Kedua ponsel hadir dengan fitur kamera seragam, semisal HDR, Panorama, dan depth sensor.

Kemudian pada kamera depan untuk swafoto (selfie), Nokia 6.1 menyediakan resolusi 8MP, dan Realme 2 Pro mengusung lensa 16MP. Keduanya sama-sama tampil dengan fitur HDR.

Platform

Saat ini, keduanya bekerja pada sistem Android Oreo (v8.1), namun Nokia mengabarkan dapat melakukan update hingga versi Android Pie (v9.0).

Baik Nokia 6.1 maupun Realme 2 Pro menyediakan 2 slot SIM card. Akan tetapi Nokia hadir dengan teknologi hybrid.

Artinya, jika kamu ingin menambah memori ponsel, maka SIM 2 akan dikorbankan untuk pemasangan kartu memori berjenis MicroSD.

Nokia 6.1 menyematkan chipset Qualcomm SDM630 Snapdragon 630 (14 nm) dipadu dengan Octa-core 2.2 GHz Cortex-A53.

Sementara Realme 2 Pro dibekingi chipset Qualcomm SDM660 Snapdragon 660 (14 nm) yang ditopang CPU Octa-core (4×2.0 GHz Kryo 260 & 4×1.8 GHz Kryo 260).

Soal chipset grafis, Realme 2 Pro boleh jadi unggul dengan sematan GPU 512, ketimbang Nokia 6.1 (508).

Ada dukungan pilihan RAM 3GB/ROM 32GB dan RAM 4GB/64GB pada Nokia 6.1. Sementara Realme 2 Pro mampu menghadirkan opsi lebih beragam, yakni RAM 4GB/ROM 64GB, RAM 6GB/ROM 64GB, dan RAM 8GB/ROM 128GB.

Jika kurang, maka slot MicroSD sanggup menampung hingga 512GB (Realme 2 Pro) dan 256GB (Nokia 6.1).

Baterai

Untuk mendukung aktivitas keduanya, maka disematkan baterai jenis lithium-ion 3.500 mAh (Realme 2 Pro) dan 3.000 mAh (Nokia 6.1).

Slot pengisian baterai Nokia 6.1 telah berjenis Type-C, sedangkan Realme 2 Pro masih mengusung model MicroUSBNamun begitu keduanya sanggup untuk membaca perangkat lain yang dikoneksikan dengan bantuan fitur on-the go (OTG).

Nah, dari beberapa hal yang dipaparkan tadi, jika kamu menginginkan ponsel yang compact, biasa memilih Nokia 6.1.

Namun jika kamu menginginkan ponsel dengan bodi sedikit bongsor dan kekinian, maka Realme 2 Pro layak masuk kantong kamu.

2 thoughts on “Dilego Rp3,5 Jutaan, Pilih Nokia 6.1 atau Realme 2 Pro?

  • Nov 19, 2018 at 10:33
    Permalink

    Hello tim Review1st!

    Kenalin aku Sharon Veronica dari Ecomobi Indonesia.
    Kami adalah affliate network, salah satu yang terbesar di Indonesia.

    Kami ingin mengajak tim Review1st untuk bekerja sama dengan kami untuk mendapatkan penghasilan tambahan dari traffic website Review1st.

    Caranya gampang banget, dengan affliate link dimana Tim Review1st hanya perlu menyisipkan link yang mengarah ke market place (misalnya link dari Review HP, direct ke market place yang menjual HP bersangkutan), kemudian jika ada order dari link tersebut, Review1st akan mendapatkan komisi.
    Saat ini juga kami sudah bekerja-sama dengan Top 6 Market Place di Indonesia.

    Menarik kan??

    Kira-kira untuk kerja sama semacam ini, bisa menghubungi siapa yaa?

Leave a Reply

Your email address will not be published.