DJI Ronin-SC, Gimbal untuk Kamera Mirrorless

#kamisukareview – Masih ingat dengan sebuah video teaser yang dicuitkan oleh DJI pekan lalu? Ternyata itu merupakan teaser untuk produk DJI Ronin-SC, perangkat gimbal berukuran ringkas yang ditujukan untuk dipasangkan dengan sejumlah kamera mirrorless.

Selain dikenal sebagai pembuat drone terkemuka, DJI juga merupakan produsen stabilizer atau gimbal untuk sejumlah kamera. Perangkat gimbal ini kerap digunakan oleh para profesional atau hobbyist kamera untuk menghasilkan gamber video yang lebih stabil.

Untuk saat ini sudah ada sejumlah seri gimbal yang diproduksi DJI, yakni seri Ronin untuk para pengguna profesional dan seri Osmo untuk penggua di segmen mobile.

Ronin-SC menjadi keluarga baru untuk seri Ronin namun pihak DJI telah menawarkan pendekatan yang sedikit berbeda pada gimbal model teranyarnya ini, jika seri Ronin dikenal memiliki bobot yang berat namun khusus untuk Ronin-SC ini DJI membuatnya lebih ringkas, bahkan lebih ringkas dari seri S yang sudah ada.

Jika Ronin-S dapat dipasangkan dengan kamera DSLR dan mirrorless, maka seri teranyar Ronin-SC hanya bisa digunakan untuk membopong kamera mirrorless saja, karena itu bobotnya bisa berkurang 41% dari Ronin-S sehingga model teranyar ini hanya memiliki berat 1,1 Kg saja.

Pihak DJI memastikan bahwa Ronin-SC miliknya bisa dipasangkan dengan sejumlah kamera mirrorless dari brand populer yang ada di pasaran saat ini seperti Nikon, Canon, Fujifilm, Panasonic maupun Sony.

DJI Ronin-SC terbuat dari paduan material berbahan baja, magnesium, aluminium dan plastik. Ia memiliki gimbal 3-axis yang bisa menstabilkan hasil gambar saat digunakan. Jika tidak digunakan, bagian gimbal-nya dapat dilepas agar lebih mudah saat disimpan didalam tas biasa.

Pihak DJI mengklaim bahwa dalam sekali pengisian ulang, baterainya bisa digunakan selama 11 jam. Perangkat gimbal ini juga bisa dipasangkan dengan sejumlah hp melalui aplikasi yang ada, menariknya ada fitur yang bernama ActiveTrack 3.0 yang mampu menetapkan objek dimana fokus bisa mengikuti objek tersebut melalui aplikasi hp yang telah disambungkan sebelumnya.

Fitur lainnya ada Force Mobile, yang memungkinkan bagi pengguna untuk menggerakan gimbal dengan menggerakan hp yang telah tersambung ibarat sebuah remot kontrol untuk perangkat gimbal tersebut. Fitur ini telah melibatkan teknologi Bluetooth 5.0 dengan jarak maksimal pengoperasian tidak lebih dari 25 meter.

Selain Ronin-SC, kabarnya pihak DJI juga telah menawarkan varian dengan embel-embel “Pro” yang hadir dengan sejumlah aksesoris seperti Focus wheel, external focus motor, dan Remote Start Stop (RSS) Splitter. Ronin-SC sendiri akan dirilis ke pasaran dengan harga $439 sedangkan varian “Pro” akan dibanderol dengan harga $539 per-unitnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published.