Vivo V15, Tak Hanya Unggul di Kamera Pop-Up

#kamisukareview – Hp fenomenal Vivo V15 yang mengusung jargon “Go Up” resmi di rilis di Indonesia.

Hp tersebut menghadirkan fitur kamera unik yang dapat menyembul ke atas ketika mengaktifkan mode selfie, dan akan kembali masuk ke bodi Hp jika kita menggunakan triple-camera belakangnya.

Cuma itu? ternyata tidak gaes, banyak yang bisa dikupas dari Hp dengan berbanderol Rp4.399.000 ini.

Kami pun telah mendapatkan unit Hp berwarna gradasi hitam-merah maroon untuk dikupas dari segala sisi, tentuya selain “jualan” kamera berkonsep Pop-Up itu.

Berikut ulasannya.

Desain

Ini yang menarik, meski modelnya mirip Hp-Hp kekinian, namun pada bagian kiri atas Hp terdapat rel kamera selfie, yang dapat menyembul ke atas.

Rel itu sejalan dengan jajaran triple-camera belakang yang mengusung arsitektur vertikal, lengkap dengan LED flash.

Secara umum, desain Vivo V15 cukup bongsor, yakni berdimensi tinggi 16,1 cm, lebar 7,6 cm, dan tebal 0,8 cm. Hp ini juga memiliki bobot cukup solid, yakni 186 gram. Lumayan berat gaes.

Pada bagan sisi-sisi Hp kamu akan mendapati beragam tombil dan akses slot. Seperti tombol power, volume, shortcut, jack audio 3,5 mm, slot SIMcard 1-2-MicroSD, dan slot charger berjenis MicroUSB.

Desain Vivo V15.

Layar

Selain mengusung layar full display tanpa poni (notch), Vivo V15 juga memiliki bentangan layar cukup lapang, yakni 6,5 inci berjenis dengan IPS LCD .

Layar yang diproteksi Gorilla Glass 5 itu memiliki resolusi 1.080 x 2.340 piksel dengan rasio 19,5:9. Pendek kata, layarnya cukup nyaman untuk dinikmati saat bermain game, atau menonton video.

Vivo menyematkan antarmuka (UI) teranyar Funtouch 9 pada Vivo V15 untuk mempermudah kebutuhan multi-tasking. Selain itu, bisa dimaksimalkan juga dengan menekan tombol shortcut pada bagian kiri bodi Hp.

Spesifikasi dan memori

Guna mendukung berbagai aplikasi dan fitur, Vivo V15 dibenamkan chipset prosesor Mediatek Helio P60 dengan pemrosesan 12 nanometer (12 nm) octa-core, lengkap dengan prosesor grafis (GPU) Mali-G72 MP3.

Dalam pengujian yang kami lakukan soal performa Hp ini, skor Antutu yang didapati Hp ini mencapai 145.249. Sedangkan melalui pengujuan Geekbench, didapati skor 1.548 (single-core) dan 5.761 (multi-core).

Vivo V15 yang dijual di Indonesia hanya memiliki varian RAM 6GB plus memori internal (ROM) 64GB. Jika kurang, ada slot memori berjenis MicroSD dengan kapasitas maksimal 256GB.

Skor Antutu dan Geekbench pada Vivo V15.

Kamera

Bagian ini merupakan sisi salah satu sisi unggul Vivo V15. Teknologi kamera Pop-Up Hp ini hadir dengan resolusi yang cukup besar, yakni 32MP.

Seperti telah dikabarkan sebelumnya dan telah ramai di media sosial, kamera Pop-Up itu bakal muncul jika kamu menggunakan mode selfie, dan akan turun kembali jika dalam mode kamera belakang.

Vivo juga mengklaim, jika kamera Pop-Up itu sanggup menahan daya 15 kg, jadi gak mudah patah. Serta memiliki durability hingga 50 ribu kali keluar-masuk.

Di bagian beakang, hadir triple-camera yang masing-masing beresolusi 12MP (f/1.8), 8MP yang merupakan lensa ultra-wide (f/2.2), dan 5MP (f/2.4) guna memunculkan efek bokeh.

Hasil kamera Vivo V15.

Fitur dan baterai

Soal fitur, tak berlebihan jika kami membahas fitur kamera yang boleh dibilang cukup kaya dengan fitur editing, untuk kamu terutama cewek yang ingin tampil kece.

Pertama, ada fitur bernama AI Body ShapingFitur ini akan membuat kesempurnaan hasil foto yang menyasar pada bentuk badan objek (manusia). Kamu bisa memilih untuk menyempurnakan bagian wajah maupun badan dengan bentuk yang kamu inginkan.

Pendek kata, fitur ini mampu menjadikan wajah atau badan kamu terestorasi dengan keren.

Fitur kamera AI beauty / sticker Vivo V15.

Kemudian ada AI Face Beauty,  fitur yang akan membuat hasil foto kamu menjadi lebih kece dari yang kamu bayangkan. 

Ada juga fitur Smart Framing. Fitur ini tergolong baru, karena fitur ini mampu merekomendasikan kamu untuk memilih frame yang tepat pada objek foto tanpa perlu kamu edit usai mengambil foto.

Yang terakhir ada AI Portrait Lighting,yang bakal membuat foto kamu lebih look-up dengan kecerdasan buatan kamera Vivo V15 yang mampu membuat wajah kamu lebih bercahaya meski dalam kondisi pemotretan cahaya redup.

Secara umum, Hp ini juga menyediakan fitur pemindai sidik jari (fingerprint) yang berada pada bagian belakang Hp, serta memiliki kemampuan tukar data melalui USB OTG.

Soal baterai, Vivo V15 ditopang baterai berkapasitas 4.000 mAh lengkap dengan fitur pengisian cepat (fast charging).

Seberapa populer Vivo V15?

Dalam kurun satu bulan terakhir (8/2 – 8/3/2019) di Indonesia, nama Vivo V15 cukup populer pada 2 pekan belakangan. Catatan tertingginya terjadi pada 5 Maret 2019 dengan 504 mention dari total 2.755 mention selama sebulan.

Dalam kurun itu juga tercatat 283,2 juta jangkauan (reach) dengan interaksi aktif di media sosial yang mencapai 1,6 juta, yang pencapaian tertingginya tercatat dikometari sebanyak 31,7 ribu netizen/warganet pada 27 Februari 2019.

Vivo V15 ternyata cukup populer di Instagram dengan di-mention sebanyak 2.178 kali. Sementara kalangan blogger menulis soal Hp ini sebanyak 316 mention yang menempatkannya pada urutan kedua.

Kemudian di peringkat ketiga berada pada linimasa Twitter dengan catatan 126 mention.

Sayangnya, beberapa kanal potensial seperti forum (semisal kaskus), facebook, dan pemberitaan media online, nampaknya belum menjadi saluran efektif untuk mempromosikan produk Hp ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published.