Review Realme C11: HP Harga Irit, Kualitas Impresif

#kamisukareview – realme resmi merilis seri baru di segmen sejutaan. Dan kebetulan kami sudah memegang unit HP terbaru realme C11 Indonesia ini, yang sejatinya merupakan upgrade dari produk realme C seri sebelumnya, realme C2.

realme seri C ini mengarah pada kelas entry-level dengan harga murah. Dengan seri ini realme bertujuan agar pengguna lainnya dengan budget terbatas juga dapat merasakan pengalaman secara langsung menggunakan produk mereka.

Penasaran kan seperti apa sih HP realme ini? Yuk simak review kami berikut ini.

unboxing realme c11

Full Review realme C11

Sebelum melangkah ke ulasan mendalam, ada baiknya kita intip terlebih dahulu paket penjualan dari unit review realme C11 yang tengah kami pegang. realme membungkus produknya dalam box berwarna kuning seperti saudaranya yang lain.

Saat dibongkar, kita akan menemukan satu unit smartphone yang terbungkus plastik. Kemudian beberapa lembar kertas yang terdiri dari buku panduan dan kartu garansi. Di situ terselip pula SIM ejector. Kemudian ada head charger dan kabel micro USB. Sayang tak ada headset.

Rancangan Bodi

desain realme c11

Kami perlu jujur di awal, desain HP ini memang sangat eksepsional. Banyak yang ingin beli HP ini karena tampilannya. Komentar di feed Instagram @review1st mencerminkan hal ini. Kami sendiri pun cukup takjub dengan kemewahan yang ditawarkan HP murah meriah ini.

Bahkan, realme bisa membuat material plastik polikarbonat di unit review ini jadi seperti bukan ‘plastik’. Feel-nya beda, smooth dan kesat seperti memegang smartphone mahal. Racikan yang cerdik, karena built quality murah ini bisa disulap sedemikian rupa jadi premium. Dua jempol buat realme di sektor ini.

Warna yang diusungnya pun kami suka, unit review yang kami pegang punya warna pepper grey, abu-abu dengan kombinasi bernuansa logam tapi doff. Hanya saja ada sebagian kalangan yang komplain dengan font realme-nya yang jumbo. Tapi itu sih kembali lagi ke selera, kalau kami oke oke saja.

realme sendiri memang serius soal desain ini. Asal tahu saja, C11 dirancang oleh José Lévy, Cooperated Designer of Hermès. Mengadopsi elemen desain baru dan mengambil inspirasi dari lukisan geometris Piet Cornelies Mondrian, seorang ahli seni lukis abstrak.

Sebuah pita membentang di bagian belakang dari atas ke bawah, menyambungkan modul kamera dengan logo realme tebal untuk membuat desain lebih ikonik dan seimbang. Modul kamera juga dirancang berbentuk kotak yang populer baru-baru ini di produk segmen menengah ke atas.

Berbeda dari model C-series sebelumnya, tekstur casing diproses dengan ukiran radium lima poros Jerman yang terdepan di industri. Setelah dipoles lebih dari 300 menit, kurva 450+ diukir untuk menciptakan efek cahaya reflektif khusus. Nyaman di tangan, aman terhadap sidik jari dan secara efektif mencegah goresan.

Smartphone ini memiliki port audio 3,5mm di area bawah, diapit dua buah lubang speaker di kiri kanannya. Tapi kok semburan audio dari speaker bawaan ini kurang powerful ya, padahal volume sudah maksimal lho.

Sayangnya, HP ini tak punya indicator light buat notifikasi, kami singgung karena ternyata masih banyak yang suka fasilitas ini.

Display

sistem operasi c11

HP realme murah meriah ini dilengkapi dengan layar ramping 20:9, 6.5 inci, ia menghadirkan jarak pandang yang lebih luas, memberikan pengalaman memainkan game, memutar konten audio dan video yang luar biasa, lebih sedikit gangguan visual serta memberikan pengguna pengalaman layar full screen.

Struktur internal layarnya mengadopsi proses stack yang baru dan ditingkatkan sehingga luas area notch berkurang dan membawa rasio layar hingga 88,7%, memungkinkan pengguna memiliki lebih sedikit gangguan visual sambil menikmati konten multimedia.

Membahas responnya terhadap sentuhan, kami mengujinya dengan aplikasi Drum Kit. Lumayan, tes ini bisa memperlihatkan respon layar terhadap sentuhan. Agak disayangkan saat dijajal dengan aplikasi ini ternyata ada delay saat memainkan drum.

Kalau bicara bezel, realme C11 ini punya dagu yang ukurannya masih relatif tebal. Jarak antara tombol navigasi ke bingkai bodi masih terlalu lega. Padahal jika dioptimalkan kita masih bisa mendapatkan tambahan ruang buat area panel sentuh.

Resolusinya masih HD+ jadi mungkin tak bisa memuaskan semua orang. Tapi nggak jelek-jelek amat kok, kita masih mendapatkan gambar yang cukup tajam dan tampilan video yang baik.

Panel displaynya pakai 2,5D Glass, jadi agak hati-hati ya jangan sampai jatuh, karena bentuknya yang menonjol mudah sekali terbentur area kacanya. Dengan IPS LCD, tampilan yang terpancar di layar kurang maksimal dalam kondisi outdoor tertimpa matahari.

Performa

performa pubg dan ml

HP realme terbaru ini dilengkapi dengan prosesor MediaTek Helio G35. Chipset gaming buat kelas entry level yang baru saja dirilis. Dapur pacu ini diklaim punya kinerja terbaik untuk bermain game di segmennya.

Buat info saja ya, Helio G35 adalah prosesor delapan-inti dengan fabrikasi 12nm yang mampu mencapai clock speed 2.3 GHz, dan mengadopsi struktur Cortex A53. Komponen ini menjadikannya salah satu yang tercepat dan terbaru dalam kategorinya.

Prosesor ini sangat ideal untuk pengguna umum dan gamer karena dapat menangani sebagian besar aplikasi menengah dan berat yang umum digunakan. Lumayan buat dipakai bermain Mobile Legends masih bisa setting rata grafis tinggi atau high.

Sementara untuk PUBG Mobile pengaturan grafis cukup di medium saja. Gameplay masih tetap memuaskan, tak ada lag berarti, hanya saja kualitas gambar kita tak bisa menikmati semaksimal di HP menengah ke atas.

Untuk penyimpanan tersedia dalam dua varian memori 2GB+32GB dan 3GB+32GB yang ditunjang oleh RAM LPDDR4X. Dibandingkan dengan LPDDR3, kinerja grafis LPDDR4X ditingkatkan sebesar 20% dan kinerja RAM sebesar 100%.

Kamera

kamera utama realme c11

realme C11 memiliki kamera utama yang mengadopsi sensor gambar 13MP dengan aperture f/2.2 besar yang cukup untuk menyerap cahaya dan membuat foto menjadi lebih jernih dan lebih cerah.

Kamera belakang ganda mendukung efek bokeh tingkat perangkat keras, yang lebih alami dan membuat subjek lebih menonjol, baik itu tanaman, hewan, atau manusia. Smartphone ini juga yang pertama di segmennya yang menghadirkan Mode Nightscape dan akan membuatnya menjadi smartphone dengan kamera malam terbaik di segmennya.

Algoritma Mode Nightscape akan mengambil beberapa foto dalam eksposur yang berbeda, kemudian menggabungkannya menjadi satu foto tunggal dengan mengambil bagian terbaik di setiap foto.

Beberapa fasilitas menarik juga diselipkan dalam HP ini seperti fitur slow motion dan timelapse selfie. Untuk spesifikasinya, kamera belakang menakai dual sensor 13MP f/2.2 + 2MP f/2.4. Kamera depan 5MP.
Fitur-firur seperti Depth, Portrait Mode, Chroma Boost, Nightscape, PDAF, LED flash sudah melengkapi HP ini. realme C11 juga bisa merekam video resolusi 1080@30fp.

Ini dia hasil fotonya:

foto realme c11
realme c11 fotografi

Fitur Lain

Buat koneksi, HP ini masih memakai edisi lama alias masih microUSB. Buat jaman sekarang memang sudah termasuk kategori kudet. Tapi kenyataannya sih, masih banyak pengguna yang memakai kabel data kuno ini. So, ini hanya masalah kecil dan tak perlu dibesar-besarkan. Anda yang berniat membeli realme C11 ini harus berbesar hati buat memakluminya. Sabar ya.

Sayangnya Anda tak akan menemukan sidik jari di HP ini. Tapi tidak usah berkecil hati, karena realme C11 sudah punya face unlock untuk melengkapi lock screen-nya. HP ini memiliki slot 3-kartu untuk dua kartu SIM dan satu kartu SD (hingga 256GB).

Gyroscope di HP murah mulai jadi perhatian para pecinta game seperti COD Mobile atau PUBG Mobile. Asyiknya, fasilitas ini sudah terbenam di dalam realme C11, jadi kita bisa tengok kiri kanan ya saat sedang berperang atau menghadapi lawan. Nice job realme.

Kapasitas Baterai

baterai hp

realme C1 punya baterai besar 5.000mAh dan layar besar berukuran 6.5 inci dengan Mini-drop. Menurut hasil uji di realme Lab, HP ini dapat bertahan selama 40 hari dalam mode siaga, memainkan musik hingga 169,8 jam, menonton film selama 21 jam, dan bermain game selama 12 jam.

Dibawa main seharian atau piknik ke tempat seperti gunung atau lokasi yang tak memungkinkan isi daya, tetap aman sih kalau bawa HP ini. Malah mungkin, realme C11 bisa jadi dewa penyelamat karena ia sudah dibenami dengan OTG reverse charge. Yess, smartphone ini bahkan dapat menjadi power bank dan membantu mengisi daya HP dan gadget lain.

Selain masa pakai baterai, keamanan juga sangat penting, ia membawa pelindung baterai yang terbuat dari 304 stainless steel. Dan semua adaptor pengisi daya dan kabel memiliki chip pemantauan keselamatan untuk mencegah kecelakaan.

Bukan mau meledek, tapi kami mencoba rasional saja. Soal baterai ini, kami yakin pembeli HP ini memang sudah benar-benar low budget, terima apa adanya, dan mungkin saja tak bakal menyediakan lagi budget buat beli yang lain-lain, termasuk charger yang lebih besar outputnya.

Lalu berapa lama baterai terisi penuh dengan charger 10 watt yang dibenamkan dalam paket penjualan? Dalam pengetesan ini, realme C11 ini memang menguji kesabaran kita yang sudah terbiasa pakai fast charging. Anda harus menunggu sekitar 3 jam.

Sambil menunggu baterai penuh, mungkin kalian bisa melakukan aktivitas lain seperti tidur siang sejenak,mandi, dandan, makan dan lain-lain dulu. Tidak perlu komplain dengan waktu tunggu selama itu. Karena kapasitas baterainya saja besar, 5000 mAh, sementara pengisian hanya memakai charger 10 watt.

Harga realme C11

Realme keluaran baru ini menjadi bukti bahwa sang vendor benar-benar serius melakukan peningkatan produk. HP realme terbaru ini punya desain premium, spesifikasi lumayan. Harga realme C11 cukup mengiurkan.

Dengan opsi memori 2GB+32GB dapat dibeli dengan harga Rp 1.499.000 sedangkan untuk opsi memori 3GB+32GB dapat dibeli dengan harga Rp 1.599.000. Dapatkan cashback 100% untuk orang pertama yang membeli realme C11 di realme.com.

Kelebihan dan Kekurangan Realme C11

Dan terakhir, sebelumnya memutuskan membeli kalian harus tahu kelebihan dan kekurangan HP realme terbaru ini. Kelebihan paling menonjol adalah desain premium serta prosesor yang cukup bertenaga di segmen entry level, masih relevan buat main game mainstream.

Sementara baterai jadi sektor yang jadi kelebihan sekaligus kekurangan. Kapasitasnya besar dan enak buat dipakai kalian yang punya mobilitas tinggi seharian di luar rumah atau kantor, tapi mengecasnya jadi beban karena waktu tunggu yang lumayan lama. HP ini juga gak punya sensor sidik jari.

Sektor lain seperti kamera at so-so lah ga nendang banget tapi sudah lumayan. Sebenarnya jika aspek ini bisa diperkuat, mungkin valuenya bisa meningkat. Yups, jadi kalau kalian suka desain dan performa, realme C11 oke lah. Tapi kalau bicara urusan lain Anda harus berpikir dua kali.

Spesifikasi realme C11

  • 6.5-inch HD+ IPS LCD Display, 2.5D Glass
  • 20:9 aspect ratio
  • Mediatek Helio G35 octa-core 2.3GHz
  • IMG PowerVR Rogue GE8320 GPU
  • RAM 2/3GB
  • Storage 32GB (microsd slot dedicated)
  • K.Belakang Dual: 13MP f/2.2 + 2MP f/2.4 Depth, Portrait Mode, Chroma Boost, Nightscape, PDAF, LED flash, 1080@30fps video recording
  • K.Depan 5MP
  • Android 10 with realme UI
  • Baterai 5000mAh
  • Warna: Mint Green dan Pepper Grey

Hari Pitrajaya

Ordinary man in this extra ordinary world.