Review realme C12: HP Triple Camera Dengan Baterai 6000mAh Paling Terjangkau

#kamisukareviewrealme vendor yang mempopulerkan smartphone dengan baterai 6000mAh di kelas pemula kembali membuat gebrakan. Mereka memperkuat eksistensi di segmen ini dengan merilis seri selanjutnya yakni realme C12 untuk pasar Indonesia. Bahu membahu dengan realme C15 untuk menjadi raja entry level yang disokong baterai monster.

Dengan slogan ‘6000mAh Triple Camera’, smartphone ini siap menjadi pilihan terbaik di rentang harga Rp 1 jutaan. Nah, kebetulan kami sudah memegang unit review realme C12 jadi tinggal kita buktikan saja seperti apa performa HP keluaran terbaru dari realme ini.

desain realme c12

Review realme C12

Bersama realme C15, smartphone ini siap mempopulerkan perangkat dengan baterai berkapasitas 6000mAh di kategori entry level, memberikan opsi lebih banyak di pasar ponsel kelas pemula. Makin penasaran kan, yuk kita simak saja review kami berikut ini:

Istimewa itu kata pertama yang terucap saat melihat box realme C12. Selidik punya selidik, ternyata kotak penjualan realme C12 ini adalah hasil karya kreatif realme Fans pemenang kontes #GambarinBoxrealme yang akan dijual secara terbatas di realme stores. Pantas saja, kelihatan atraktif.

Pihak realme memang memprioritaskan dan mendukung penuh kreativitas realme Fans, oleh karena itu realme membuat kotak realme C12 ini spesial dan terbatas dengan design dari realme Fans.

unboxing realme

Dan seperti biasa, kita bongkar atau unboxing terlebih dahulu paket penjualan dari unit review yang kami pegang ini. Saat dibongkar, terdapat 1 unit HP. Kemudian beberapa lembar kertas yang terdiri dari buku panduan dan kartu garansi.

sim tray

Di situ terselip pula SIM ejector, dan bagusnya, saat dilepas ternyata SIM tray-nya punya 3 card slot lho, 2 nano SIM dan MicroSD. Kemudian ada head charger 10 watt dan kabel micro USB. Tapi tak ada headset dalam paket penjualannya.

Rancangan Bodi

Begitu melihat bodi belakangnya, pola desain Geometric Gradient smartphone ini langsung mengingatkan pada realme C15, mirip, bak pinang dibelah dua.

Tapi kemudian saat diamati secara seksama ternyata ada perbedaan di modul kameranya yang berbentuk kotak. Pada realme C12, terdapat 3 lensa yang ditemani sebuah LED flash.

review realme c15

Kami memegang warna Coral Red atau Merah Karang. Ada juga warna lain yakni Marine Blue. Tampilannya bertema pola potongan warna, membagi penutup belakang menjadi 3 area dengan sudut garis yang berbeda. Desain gradien geometris ini menghasilkan efek visual yang teratur dan tidak dapat diprediksi, yang unik di segmen entry level.

Di samping tampilannya yang cantik, bodi belakangnya yang berbahan polikarbonat ini enak dipegang karena terasa kesat, tak mudah tergelincir dari pegangan. Serta bisa meredam bekas sidik jari berkat kontur bodi yang punya pola garis-garis timbul. Konsep desain ini juga membuat materialnya tak mudah tergores.

Smartphone ini memiliki port audio 3,5mm di area bawah, kemudian port micro USB dan lubang speaker. Memang belum Type-C, tapi bukan masalah karena masih banyak HP lain di pasaran yang menggunakan tipe ini.

Display

layar realme c15

Sama seperti saudaranya, HP realme murah ini dilengkapi dengan layar seluas 6,5 inci 20:9. Area poni berkurang ukurannya (sebesar 30,9% dibandingkan dengan poni dewdrop normal) dan menghadirkan rasio layar hingga 88,7%

realme C12 membawa bidang pandang lebih luas, memberikan pengalaman yang nyaman untuk bermain game dan menonton video. Anda dapat menikmati layar yang luas dengan maksimal dan minim gangguan visual, sembari memberikan pengalaman layar hampir penuh.

Resolusi layar yang dipakai HD+. Buat smartphone entry level sudah standar sih, kalian tetap bisa menikmati tampilan yang smooth tidak ada pixel kotak-kotak. Buat gaming, menonton film atau streaming konten video tak mengecewakan kok. Visualnya masih tertampil dengan wajar dan natural.

Panel IPS LCD yang terbenam di realme C12 adalah yang umum dipakai smartphone menengah ke bawah saat ini. Overall bisa menampilkan gambar dengan baik. Hanya saja, dalam keadaan outdoor siang atau kondisi terik matahari gambar yang tertampil di layar agak menurun. Wajar.

Performa

spesifikasi realme c12

Sama seperti realme C11, HP realme keluaran terbaru ini menggendong chipset MediaTek Helio G35. Ini adalah chipset gaming yang dirancang buat kelas entry level. Prosesor ini masih aman dipakai bermain game standar. Punya delapan-inti dengan fabrikasi 12nm, 64 bit yang mampu mencapai clock speed 2.3 GHz, dan mengadopsi struktur Cortex A53.

Game kasual seperti Mobile Legends bisa digenjot dengan setting rata kanan grafis tinggi atau high. Buat pecinta PUBG Mobile, pengaturan grafis mentok di Smooth dan Balance. Tapi kalau mau aman, jangan pakai frame rate tinggi, supaya main lebih lancar dan tak terganggu lag.

HP realme C12 tersedia dalam varian 3GB+32GB yang didukung oleh LPDDR4X RAM. Dibandingkan dengan LPDDR3, kinerja grafis meningkat sebesar 20% dan kinerja RAM meningkat 100%. Buat tambah ekstra ruang penyimpanan tinggal colok saja kartu memori hingga 256GB di slot MicroSD-nya.

antutu benchmark

Kamera

Jika realme C15 punya konfigurasi empat kamera, smartphone ini mengalami pemangkasan menjadi triple camera. Tapi ada untungnya, karena harga realme C12 jadi lebih terjangkau dan cocok buat kalangan yang budgetnya terbatas. Di sisi lain menjadikannya tetap kompetitif di segmen harga yang dibidik.

Perangkat ini memiliki kamera utama yang mengadopsi sensor gambar 13MP dengan area besar, dengan aperture besar f/2.2 yang cukup mengamankan cahaya dan membuat gambar Anda lebih jernih dan lebih cerah. Apalagi, realme C12 juga sudah dilengkapi mode Nightscape, memungkinkan pengguna untuk mengambil foto dengan jelas di malam hari.

kamera belakang

Selain itu, produk ini juga mendukung PDAF yang menangkap fokus lebih cepat dan tepat. 4x zoom juga memungkinkan pengguna untuk mengambil foto yang jelas dari jarak jauh.

Menariknya, realme C12 hadir dengan lensa makro 2MP dengan jarak pengambilan gambar super dekat, 4cm. Ini memungkinkan kita memotret fotografi makro dengan detil yang cukup bagus. Buat yang gemar eksplorasi, kita bisa menjelajahi pesona dunia mikro cukup dengan HP murah ini. Dan satu lagi tertanam pula lensa B&W 2MP.

Di sektor depan, tertanam kamera selfie 5MP yang mendukung AI beauty, mode HDR, mode portrait dan fitur Panoselfie untuk membantu Anda mengambil foto selfie lebih luas. Secara keseluruhan memberikan Anda pengalaman kamera terbaik di segmennya.

Kamera HP realme ini bisa merekam video dalam resolusi Full HD (1080@30fps) dan HD (720@30fps). Kualitasnya cukup bagus, walau belum ada stabilisasi tapi bisa diakali sih dengan memakai gimbal.

Hasil Kamera

auto mode
auto
night mode
Nightscape Mode
macro
Macro
auto HDR
Auto HDR
chromaboost
Auto Chromaboost
auto wide
Auto

OS & UI

realme C12 sudah menerapkan realme UI berbasis Android 10, yang dibangun dengan sangat baik untuk pengalaman Android yang ditingkatkan. realme UI dirancang dengan pendekatan preferensi dan estetika anak muda, yang akan bekerja secara mulus dan menyenangkan ketika digunakan.

Desainnya sederhana tapi tidak membosankan, terinspirasi oleh gaya hidup sehari-hari dari generasi muda. Untuk mencapai real design dalam efek visual, realme UI dirancang dengan mempertimbangkan 4 hal, warna sistem, ikon, wallpaper, dan animasi.

kekurangan dan kelebihan realme c12

Selagi menyesuaikan realme UI untuk setiap detail apa yang dapat dipersonalisasi, realme UI juga memperkenalkan fungsi kustomisasi ikon. Pengguna tidak hanya dapat mengubah bentuk dan ukuran ikon tetapi juga dapat mengubah ukuran grafik internal ikon.

Untuk mencocokkan dengan ikon aplikasi, realme UI juga menghadirkan 11 wallpaper baru yang terinspirasi oleh elemen alami yang memang sangat cocok untuk skema warnanya. Detail animasinya pun cukup keren dan menyenangkan.

Fitur Lain

harga realme c12

HP realme terbaru ini memiliki sensor sidik jari yang terbenam di bodi belakang, responnya ultra cepat, hanya 0.27 detik. Ditambah dengan face unlock untuk melengkapi lock screen-nya.
Ada juga Mode Ganda untuk Berbagi Musik (Dual Mode Music Share) memakai earbud nirkabel dan earphone kabel secara bersamaan.

Terdapat Mode Focus yang mengaktifkan DND (Mode Jangan Ganggu) hingga Mode Gelap. Kemudian Mode Fokus yang bisabmembantu Anda berkonsentrasi dan rileks, tanpa terganggu dari ponsel Anda.

Screenshot bisa dilakukan dengan mudah, Anda hanya cukup menggunakan 3 jari, tekan dan tahan di layar Anda lalu geser untuk mengambil bagian layar yang dipilih. Dengan mengaktifkan “Perlindungan Informasi Pribadi” di realme UI, riwayat panggilan, kontak dan pesan Anda tetap pribadi dan mencegah kebocoran informasi.

Kapasitas Baterai

realme C12 memiliki mega baterai 6000mAh sehingga Anda dapat menggunakannya tanpa henti, kapanpun Anda mau. Menurut hasil tes di realme Lab, realme C12 sanggup bertahan hingga 57 hari dalam mode siaga (standby), bahkan jauh lebih baik dari beberapa smartphone flagship. Experience kami, untuk pemakaian normal bisa bertahan lebih dari sehari.

HP ini sudah mendukung OTG reverse charging yang bisa mengecas perangkat lain. Soal pengecasan, lantaran baterainya cukup bongsor butuh waktu agak lama buat mengisi daya dari nol hingga 100%. Kira-kira memakan waktu lebih dari tiga jam.

Kapasitas baterai sebesar ini, sudah pasti sangat sesuai untuk para pekerja outdoor seperti driver ojol. Selain itu juga cocok untuk memenuhi kebutuhan sekolah dan bekerja online yang kerap dilakukan melalui video call selama berjam-jam.

Selain itu, baterainya bisa dioptimasi dengan beragam fitur seperti Pembekuan Cepat Aplikasi (App Quick Freeze), Pengoptimalan Baterai Layar (Screen Battery Optimization). Ada juga Sleep Standby Mode untuk menghemat daya ketika tidur. Kemudian Power Saving Mode bisa memperpanjang masa pakai baterai.

Harga realme C12

Smartphone terbaru ini membuat segmen pasar realme semakin variatif. Buat kelas entry level, apa yang disuguhkannya sudah cukup komprehensif. Berbagai aspek disuguhkan dengan kemampuan yang memadai sesuai dengan harganya.

Jika ada pemangkasan fitur atau spesifikasi yang terbatas, wajar saja karena sudah dipertimbangkan sang vendor. Harga dengan opsi memori 3GB+32GB dapat dibeli dengan harga Rp 1.899.000 dan harga spesial Rp 1.749.000.

Cek Harga di ShopeeCek Harga di LazadaCek Harga di Blibli

Kelebihan dan Kekurangan Realme C12

Nah, sebagai rekomendasi sebelum membeli, berikut kami berikan simpulan seputar kelebihan realme C12 dan juga kekurangannya. Aspek terbaik dari HP ini tentu saja yang jadi sorotan tentu saja kapasitas baterai 6000mAh. Begitu pula prosesornya yang cukup powerful di kelasnya. Untuk kelas entry-level, tampilan ponsel ini juga hadir dengan desain yang kekinian, membuatnya terlihat lebih premium.

Aspek yang jadi kekurangan perangkat ini adalah waktu pengecasan yang lama dengan charger 10watt. Pemakaian port microUSB solusi layar mungkin masih wajar, tapi sebagian orang yang meminta port Type-C yang lebih mutakhir karena memang sudah mulai umum dan banyak dipakai.

Untuk yang berminat dengan realme C12 bisa didapatkan dengan klik link di bawah.

 Link Pembelian

Nah, gimana? Jadi beli HP ini kan?

Spesifikasi Realme C12:

ProsesorMediaTek Helio G3512nm proses produksi Cortex A53  2.3Ghz
RAM & Memori Internal 3GB+32GB Kapasitas penyimpanan dapat diperluas hingga 256GB
Layar6,5 inci (16,5cm) FullscreenResolusi HD+ 720*1600Rasio Layar 88,7%
WarnaCoral RedMarine Blue
Baterai6000mAh5V2A pengisian daya Lubang Micro USB Mendukung OTG reverse charging 
Kamera Nightscape Triple CameraLensa Utama13MPPDAF; f/2.2 Aperture; 5P LensHDR; Chroma Boost; Slo-mo
Lensa B&W 2MPf/2.4 Aperture
Lensa Makro2MP f/2.4 Aperture4cm Jarak Fokus
Video720p / 1080p, 30fps
Kamera Depan AI 5MP f/2.4 Aperture3P LensAI Beauty; HDR; Panoramic View; Timelapse
KonektivitasMendukung 2.4G Wi-FiMendukung Bluetooth 5.0
Ukuran & BeratUkuran: 164.4mm*75.9mm*9.8mmBerat: 209g
SensorGPS/Beido/GlonassMagnetic Induction SensorLight SensorProximity SensorAccelerometer SensorFingerprint
Sistem Operasirealme UI berdasarkan Android 10
Paket Penjualanrealme C125V2A Adapter *1Kabel MicroUSB *1Kartu Garansi *1Panduan Cepat *1Alat Pelontar Kartu SIM *1Lapisan Pelindung Layar *1

Hari Pitrajaya

Ordinary man in this extra ordinary world.