Huawei Mate 20, Hp 8 Jutaan Layak Beli

#kamisukareview – Sebagai salah satu Hp paling istimewa di 2018, boleh jadi Huawei Mate 20 menjadi perangkat mobile yang wajib kamu miliki. Terutama bagi kamu yang menyukai performa dan kamera berkualitas dari sebuah Hp.

Banderolnya memang tak murah, sekitar Rp8,9 jutaan. Lalu, apa istimewanya Hp ini?

Selama sepekan, kami mendapat kesempatan untuk menjajal Hp yang kabarnya laris manis pada masa pra-pemesanannya (pre-order) ini.

Dalam kurun itu, kami mencatat ada 5 hal yang wajib kamu ketahui sebelum meminang Hp ini. Berikut ulasannya.

Desain Huawei Mate 20, mewah

Soal desain, tak bisa dimungkiri jika produsen berlogo kipas ini mengemasnya secara mewah. Wajar sih, karena memang Hp ini dijual untuk segmen high-end, atau untuk para penyuka Hp premium.

Pada sisi-sisi secara keseluruhan pada Hp ini, kamu akan dapati tombol power (on/off), volume (+/-), slot nano SIM dan nano memori (hybrid), jack audio 3,5 mm, slot charger Type-C, serta speaker.

Sementara Pada bagian belakang Hp, arsitektur kamera dikomposisikan secara apik, yakni berada dalam bentuk kotak dengan formasi 3 lensa kamera dan LED flash. Di bawahnya terdapat sensor sidik jari (fingerprint).

Hp ini juga telah mendapatkan sertifikasi IP54 yang membuatnya anti air dan debu dalam skala khusus.

Secara umum, Hp setipis 8 mm (158.2 x 77.2 x 8.3 mm) ini nyaman digenggam, dengan catatan tanganmu tak basah atau berkeringat. Karena balutan bodi dengan aksesn glossy akan sangat licin.

Sisi lain yang menjadi catatan balutan bodi Hp adalah rentan dengan jejak sidik jari, karenanya kamu boleh menyematkan softjacket yang tersedia dalam paket penjualan.

Dari beberapa orang yang kami mintai pendapat, serempak mengatakan bodi Hp cukup mewah dan keren.

Layar Huawei Mate 20, lega

Soal layar, Huawei Mate 20 menyediakan tampilan layar IPS LCD RGBW HDR yang cukup lega dengan diagonal 6,53 inci dengan bezel nan tipis (bezzless).

Layar tersebut mampu menampung kerapatan 1.080 x 2.244 piksel yang membuatnya tampil dengan warna natural dan jernih dengan sistem antarmuka cerdas melalui EMUI 9.0.

Untuk mengoptimalkan layar, terdapat aksen tetasan air (waterdrop) untuk menyematkan kamera selfie.  Dengan itu, kamu akan lebih banyak melihat icon display yang berjejer di bagian atas.

Layar Huawei Mate 20 juga dibekali dengan proteksi Gorilla Glass yang memberikan perlindungan atas goresan.

Performa Huawei Mate 20, ngebut

Berjalan pada sisten operasi Android Pie (v9.0), Huawei Mate 20 dibekali oleh prosesor Kirin 980. Otak kinerja yang dibangun dengan 7 nm dan pemrosesan dual-NPU Huawei.

Prosesor ini pun mendukung kinerja pada beragam fitur dengan basis kecerdasan buatan (AI).

Pada beberapa tes yang kami lakukan, kami mendapati angka yang cukup mengejutkan, sebagiannya bahkan melampaui beberapa Hp premium lainnya, tak terkecuali melampaui Huawei Mate 20 Pro, yang merupakan seri teringgi seri ini (Mate 20 series).

AnTuTu 3DBench: 306.608
Geekbench 4 CPU: 3.337 single-core / 9.842 multi-core
3DMark – Sling Shot Extreme: 2.307 (Vulkan)

Kamera Huawei Mate 20, ciamik!

Ini merupakan bagian sisi unggul Hp ini, Kamera. Huawei Mate 20 memiliki kamera tiga lensa di bagian belakang dalam satu kluster berbentuk kotak. Kamera utama beresolusi 12MP dengan aperture f/1.8 (27mm), sementara kemera kedua beresolusi 16MP dengan aperture f/2.2 (17mm) berikut sensor ultra-wide-angle.

Kemudian kamera ketiga adalah lensa telefoto beresolusi 8MP dengan apeture f/2.4 (52mm) dengan kemampuan pembesaran objek (zoom) 2x.

Untuk kebutuhan foto selfie, Huawei Mate 20 menyediakan kamera depan dengan lensa 24MP dengan apeture f/2.0 (26mm) dengan pengaturan sudet lebar (wide)

Dengan kombinasi ketiga lensa ini, maka potensi kamu untuk menghasilkan foto keren pun semakin besar. Belum lagi beberapa pengaturan kamera yang memberikan kamu bayak pilihan untuk memotret, dan kemudian diunggah ke akun sosial media kamu.

Dari beberapa pendapat yang kami minta dari pengguna Hp, sebagian mengatakan hasil kamera cukup bagus.

Baterai Huawei Mate 20, awet

Untuk mendukung kinerjanya, Huawei Mate 20 memiliki baterai 4.000 mAh lengkap dengan fitur pengisian cepat (fast charging) melalui perangkat Huawei SuperCharge.

Baterai Hp akan terisi sebesar 60 persen hanya dalam kurun setengah jam saja. Meski terdengar biasa, namun yang tak kalah mengejutkan adalah baterai ini mampu bertahan selama 2 hari (di luar untuk penggunaan gaming) dalam kondisi penuh.

Bahkan jika kamu merupakan salah satu orang yang irit menggunakan aplikasi, maka kamu bisa mendapati baterai Hp ini dengan daya tahan 3 hari.

Wow, sesuatu banget yah!

Kesimpulan

Dari serangkaian tes pada penggunaan Huawei Mate 20 ini, kami berpendapat jika kamu menginginkan sebuah Hp dengan kinerja mumpuni serta memiliki kamera multifungsi, sepertinya layak memiliki Hp ini.

Selain tampilannya cukup premium, Hp ini juga memiliki kapasitas baterai yang siap mendukung kamu sebagai teman beraktivitas.

Meski begitu, masih ada beberapa pengguna Hp yang menganggap banderol Rp8,9 jutaan Hp ini masih cukup mahal.

Gimana menurut kalian?

Seberapa populer Huawei Mate 20?

Soal popularitas, dalam kurun sebulan belakangan (10/12/2018 – 9/1/2019), produk Huawei Mate 20 cukup mendapat respons positif, meski grafiknya masih fluktuatif.

Sebagai catatan, mention terkait kata kunci Huawei Mate 20 relatif stabil di ranah media sosial, begitupun jangkauannya (reach).

Sementara dari total 12.996 mention pada produk tersebut, laman Web masih menjadi saluran paling efektif untuk mempopulerkan Hp ini dengan raihan 45,5 persen (5.912 mention), kemudian disusul laman sosial media Facebook dengan 32,4 persen (4.213 mention).

Kanal sosial media lain, seperti Instagram dan Youtube menempati peringkat ketiga dan keempat–boleh jadi cukup rendah–dengan catatan 6 persen (784 mention) dan 3,4 persen (436 mention).

Leave a Reply

Your email address will not be published.