Samsung Kuasai 28 Persen Penjualan Hp di Indonesia

#kamisukareview – Lembaga riset Indonesia Data Centre (IDC) belum lama ini merilis laporan penjualan Hp pada 2018 sepanjang kuartal ketiga (Q3/Juli-September).

Dari data itu, terlihat Hp-Hp dari produsen Samsung adalah yang paling laris di pasaran Indonesia. Hal itu tercatat dari persentase market share Samsung yang menguasai 28 persen pasar, naik 1 persen dari pencapaian kuartal kedua (Q2/April-Juni) yang sebesar 27 persen.

Namun begitu, angka tersebut menurun 2 persen jika dibandingkan periode yang sama tahun lalu. Pada kuartal ketiga 2017, produsen asal Korea Selatan itu mampu menguasai pangsa pasar hingga 30 persen.

Peringkat kedua penjualan Hp di Indonesia didapatkan oleh Xiaomi. Produsen asal Tiongkok itu mencatatkan prestasi market share penjualan Hp di Indonesia dengan persentase 25 persen. Turun satu persen dari Q2 yang mampu mencatatkan 25 persen.

Namun begitu, catatan ini tentunya mengejutkan. Pasalnya tahun lalu di periode yang sama, Xiaomi masih menjadi juru kunci pasar Hp di Indonesia dengan hanya mampu menjual sebanyak 6,2 persen.

 

Baca juga

Produsen Tiongkok lain, OPPO, pun makin mantab mengekor dengan raihan peringkat ketiga, yakni dengan catatan market share sebesar 19 persen, naik 1 persen dari Q2.

Meski begitu, pencapaian ini merupakan penurunan jika dibandingkan dengan periode yang sama tahun lalu. Saat itu OPPO berhasil mencatatkan prestasi penjuaan dengan menguasai pasar sebesar 25 persen.

Peringkat keempat diraih produsen Vivo dengan catatan 11 persen. IDC mengklaim, pencapaian yang diraih produsen Tiongkok itu merupakan peningkatan dari Q2 (7,5 persen) maupun periode yang sama tahun lalu (9 persen).

Sementara peringkat kelima diraih oleh Advan dengan raihan market share 5 persen. Turun 1 persen dari Q2, dan 3,3 persen dari pencapaian tahun lalu di periode yang sama.

Lalu bagaimana dengan iPhone, Huawei, Honor, Nokia, ASUS, Lenovo, dll?

Meski tak merincikan secara spesifik, namun beberapa merek lain jika digabungkan hanya akan mendapatkan persentase market share sebanyak 13 persen saja.

Menukil Selular.id, catatan IDC atas penjualan Hp di Q3 ini adalah bahwa segmen Ultra Low-End (kisaran harga Rp1,4 jutaan) meningkat pembelinya selama dua kuartal berturut-turut.

“Xiaomi yang terus agresif pada segmen harga tersebut telah memacu pemain lain seperti OPPO dan Samsung untuk berkompetisi di segmen yang sama, dan berdampak pada merek lokal Advan dan Evercoss,” ungkap Risky Febrian, Market Analyst IDC Indonesia.

Wah, makin seru nih.

Leave a Reply

Your email address will not be published.