Punya Duit Rp5 Juta, Pilih OPPO F9 atau Vivo V11?

#kamisukareview – Setara unggul dalam sisi desain yang fashionable dan segmen yang sama, jika kamu punya uang Rp5 juta, bakal lebih memilih OPPO F9 atau Vivo V11?

Bisa jadi pertanyaan di atas akan menjadi pilihan yang sulit bukan? Nah biar kamu gak makin galau, berikut beberapa rekomendasi yang dapat menjadi pertimbangan kamu untuk meminang satu di antara keduanya.

 

Desain dan layar

Secara desain, keduanya semirip, tampil dengan 3 pilihan warna-warni nan elok dipandang. OPPO F9 dijual dengan warna merah (Sunrise Red), biru (Twilight Blue), dan ungu galaxy (Starry Purple).

Sementara Vivo V11 bisa dipilih melalui warna-warna hitam (Starry Night), emas (Dazzling Gold), dan ungu kehitaman (Nebula).

Untuk melindungi desainnya yang cantik itu, pada paket penjualan keduanya menyediakan pelindung bodi berupa soft jacket, untuk memproteksi benturan atau guratan. Maklum saja, keduanya sama-sama dibalut dengan bodi glossy yang rentan guratan dan jejak sidik jari.

Pada OPPO F9, layar 6,2 inci (1.080 x 2.340 piksel) hadir dengan aspek rasio ke bodi yang mencapai 84 persen. Layar selega itu didukung proteksi Cornig Gorilla Glass 6 dengan tampilan ColorOS 5.2.

Sedangkan pada Vivo V11, memiliki layar berteknologi Super Amoled 6,41 inci (1.080 x 2.340 piksel) dengan aspek rasio ke bodi yang mencapai 85,2 persen. Tampilan antarmuka ini berjalan pada Funtouch OS 4.5.

Pada sektor ini, layar Vivo V11 boleh jadi lebih canggih. Yakni dengan menanamkan sensor sidik jari (fingerprint) di balik layarnya. Sementara untuk OPPO F9, fingerprint-nya terletak pada bagian belakang Hp.

Kamera

Sama-sama menyasar pengguna yang mengedepankan fashion, tentunya kedua Hp fashionable ini tampil memukau. Salah satunya dengan mengusung konsep waterdrop (tetesan air) untuk memasangkan kamera selfie mereka.

Keduanya menyematkan kamera selfie 25MP dengan diafragma 2,o serta mampu membuat rekaman video  beresolusi 1.080 piksel/30fps.

Walau serupa, kamera selfie OPPO F9 telah dilengkapi dengan mode sudut lebar (wide), hingga lebih leluasa saat melakukan foto depan bersama (wefie).

Sementara untuk kamera belakang, keduanya hadir melalui lensa ganda, lengkap dengan beragam fitur penyokongnya, seperti PDAF, LED flash, HDR, dan panorama.

OPPO F9 membenamkan lensa beresolusi 16MP + 2MP lengkap dengan depth sensor. Sedangkan Vivo V11 memasangkan lensa 12MP + 5MP, juga memiliki depth sensor.

Pada hasil potret kamera belakang OPPO F9, tegas terasa efek buram (blur) pada latarnya, sementara pada Vivo V11 foto latar nampak lebih tegas.

OS dan fitur

Keduanya berjalan pada jalur serupa denga sistem operasi Android Oreo (v8.1).

OPPO F9 diotaki dengan Mediatek MT6771 Helio P60 (12 nm) berikut CPU Octa-core (4×2.0 GHz Cortex-A73 & 4×2.0 GHz Cortex-A53) dan GPU Mali-G72 MP3.

Sedangkan Vivo V11 dicangkokan prosesor Qualcomm SDM660 Snapdragon 660 (14 nm) lengkap dengan CPU Octa-core (4×2.2 GHz Kryo 260 & 4×1.8 GHz Kryo 260) dan GPU Adreno 512.

OPPO F9 dijual dalam 2 versi memori, yakni RAM 4GB dan 6GB/ROM 64GB, sedangkan Vivo V11 hanya hadir dalam RAM 6GB/ROM 64GB.

Selain berjalan pada 2 kartu SIM, keduanya juga menyematkan memori tambahan berjenis MicroSD yang mampu menampung hingga 256GB.

Namun sayang, keduanya belum membenamkan fitur NFC sebagai pembaca saldo uang elektronik (e-money, dll) yang saat ini tengah digalakkan pemerintah Indoinesia.

Seperti kamu tahu, tren pembayaran non-tunai saat ini tengah marak. Seperti membayar tol, beli tiket kereta, busway, dst.

Dengan kehadiran beragam fitur-fitur tadi, dijamin aktivitas kamu akan lebih enerjik dan menyenangkan.

Baterai

Untuk mendukung kinerja Hp, keduanya dibekali dengan baterai suntik berjenis lithium-polymer. OPPO F9 memiliki kapasitas yang lebih besar, yakni 3.500 mAh ketimbang Vivo V11 yang hanya 3.400 mAh. Keduanya dapat diisi ulang dengan colokan berjenis MicroUSB.

Di sisi ini OPPO F9 boleh jadi unggul dengan paket pengecasan baterai yang mendukung teknologi VOOC. Kamu dapat melakukan pengecasan cepat hingga penuh dengan kurun waktu kurang lebih 1 jam saja.

Harga

Di pasaran, keduanya dilego dengan banderol semirip, yakni pada kisaran Rp4,9 jutaan. Pada varian terendah OPPO F9 (RAM 4GB/ROM 64GB), kamu bisa mendapatkannya dengan harga sekitar Rp4,3 jutaan.

Nah, kebayangkan mau pilih yang mana? Yang pas untuk aktivitas keseharian kamu dan bikin setiap momen kamu lebih seru pastinya.

Leave a Reply

Your email address will not be published.