Seminggu Bareng OPPO F9, Pas Banget Buat Gaya

#kamisukareview – Sebagai salah satu Hp flagship, desain dan tampilan OPPO F9 sepertinya boleh jadi memikat. Namun begitu kami masih penasaran dengan kinerjanya jika digunakan untuk aktifitas harian.

Karenanya kami mencoba untuk menggunakan perangkat ini seminggu penuh dengan beragam aktifitas. Baik untuk melihat kualitas kameranya, performanya, dan yang paling penting daya tahan baterainya.

Berikut beberapa catatan yang kami dapatkan setelah menjajal Hp ini.

Desain dan warna menawan

OPPO Indonesia menjual Hp ini dengan dengan 3 pilihan warna, yakni merah (Sunrise Red), biru (Twilight Blue), dan ungu galaxy (Starry Purple).

Kami menjajal unit dengan warna ungu galaxy yang menurut kami adalah warna paling cetar di antara ketiganya.

OPPO memposisikan F9 sebagai salah satu Hp yang mendukung fashionable, karenanya disediakan dengan warna-warni menawan mata.

Selain itu, secara umum Hp ini lumayan mantab digenggam. Walau boleh jadi terlalu besar untuk ukuran tangan orang Asia pada umumnya, namun bolehlah, masih tak terlalu merepotkan.

Hanya saja, ketika masuk kantong celana jeans, sepertinya belum layak. Kegedean, ngeri terbentur Bro.

Karenanya, kami sarankan kamu untuk memiliki dompet Hp, agar aman dan tetap terjaga, pun karena memang Hp ini tak tahan air. Bakal repot jika ditaruh di saku celana dan tiba-tiba kamu kehujanan.

Dengan balutan body Hp yang sedikit glossy, tentunya akan terasa licin di telapak tangan. Karenanya OPPO menyediakan soft jacket bening pada paket penjualan.

Soft jacket itu juga berfungsi untuk melindungi bodi belakang yang kece itu dari guratan atau jejak sidik jari pada Hp yang berjalan dengan sistem operasi Android Oreo (v8.1) berikut Color OS 5.2 ini.

Yang menarik, saat menggenggam Hp ini, orang sekeliling pun banyak yang memberikan komentar. Di antaranya;

“Warnanya keren banget, bagus”

“Ini OPPO F9? Keren ya,”

“Harganya berapa nih?” –Nah, kalau yang ini kami jawab singkat, “pokoknya terjangkau”.

Sepertinya tujuan OPPO untuk memikat mata pada Hp ini cukup berhasil, pun dengan label “OPPO” beraksen silver pada bagian punggung Hp yang semakin menegaskan ekuitas merek (brand equality) produk.

Ngecas cepat

Hal lain yang manakjubkan dari Hp ini adalah pengecasannya yang cukup cepat. Kami hanya membutuhkan waktu kurang lebih 1 jam untuk mencabutnya dari colokan listrik. Padahal sebelumnya posisi daya baterai hanya 4 persen.

“Gokil juga nih Hp, segede gini cepet ngecasnya,” komentar seorang teman.

Wajar saja, OPPO menyediakan kelengkapan adapter + kabel data dengan dukungan teknologi VOOC (Voltage Open Loop Multi-step Constant-Current Charging). Teknologi pengecasan cepat yang dirancang OPPO Electronics untuk menopang pengisian penuh baterai.

Namun begitu, jangan harap kamu akan mendapatkan performa serupa jika mengecas Hp ini menggunakan powerbank, pun begitu ketika perangkat pengecasan OPPO digunakan untuk Hp lain. Gak bakal ngaruh.

Kami telah menjajalnya, dan hasilnya nihil.

Slot pengecasan F9 masih menggunakan tipe MicroUSB, belum menggunakan Type-C seperti kebanyakan Hp kekinian.

Slot itu pun bisa kamu gunakan untuk membaca data dari flashdisk misalnya dengan menggunakan adapter MicroUSB berkat dukungan fitur on-the go (OTG).

Kamera lumayan keren

Salah satu fitur unggulan pada seri F9 adalah kameranya. Dengan desain tetesan air (waterdrop) untuk meminimalisir bezel pada layar Hp, OPPO memasangkan kamera dengan resolusi 25MP untuk selfie dan wefie.

Dengan resolusi kamera seperti itu, dijamin, kamu bakal kecanduan motret selfie maupun wefie. Hal yang dilakukan seorang cewek saat meminjam Hp ini. Selfie-nya gak kira-kira Bro, galeri Hp sampai penuh.

Tapi kami sih selow, karena memori Hp ini lumayan besar yakni 64GB, plus slot memori eksternal jenis MicroSD yang dapat menampung data hingga 256GB.

Nah, untuk kamera belakang, Hp ini hadir dengan kamera 16MP + 2MP berdesain horizontal lengkap dengan fitur depth sensor, flash LED, HDR, dan panorama.

Kamu dapat melakukan foto dengan sudut dekat (close-up) maupun sudut lebar (wide) secara sempurna berkat dukungan asisten kecerdasan buatan (AI).

Pendek kata, dengan cuma foto jeprat-jepret ngasal pun, kamu akan mendapatkan hasil gambar yang layak untuk diposting di instagram.

Pun begitu ketika digunakan untuk merekam video, ada fitur slomo-nya lho (hasil videonya akan kami tayangkan di channel Youtube).

Nyaman buat nge-game

Kemudian buat kamu penggila game, selain tampil fesyen, OPPO F9 juga ternyata mumpuni untuk urusan yang satu ini. Layarnya yang lega seluas 6,3 inci membuat mata semakin leluasa dan betah bermain game. PUBG misalnya.

Dengan dukungan chipset MediaTek Helio P60 chipset dan prosesor octa-core (4×2.0 GHz Cortex-A73 & 4×2.0 GHz Cortex-A53), serta proseso grafis (GPU) Mali-G72 MP3, kami rasa cukup untuk mengakomodasi game-game kekinian.

Belum lagi jika kamu membeli Hp ini yang menggunakan dukungan RAM 6GB. Pastinya bakal menopang aktivitas gaming tanpa lag.

Nah, buat nge-game aja nyaman, apalagi cuma buat nonton video. Bakal gak kedip deh.

Earphone stereo

Di bagian ini, suara speaker eksternal OPPO F9 boleh jadi sedikit ‘cempreng’, namun untuk mengobati kekecewaan itu, OPPO menyediakan earbud/earphone dengan suara stereo, namun tak memekakkan telinga dan bikin kepala puyeng.

Baterai awet

Ini juga menjadi salah satu sisi unggul OPPO F9, yakni kapasitas baterainya yang lumayan besar, yakni 3.500 mAh.

Selain dapat disi penuh dengan cepat, baterai ini dapat bertahan seharian dengan beragam aktivitas pada Hp ini. Semisal nge-game, foto-foto, edit video, WA-an dengan banyak grup, dan tentunya mendengarkan musik.

Kesimpulan

Sisi unggul pada Hp ini jelas pada kamera dan desainnya yang fashionable. Karena memang diciptakan untuk mengakomodir kebutuhan-kebutuhan itu. Cocok buat kamu yang membutuhkan Hp dengan tampilan ciamik berikut performa yang lumayan.

Dengan banderol Rp4 jutaan (RAM 4GB/ROM 64GB) dan Rp5 jutaan (RAM 6GB/ROM 64GB), kami rasa OPPO F9 yang menyasar pada segmen menengah cukup memiliki kemampuan powerful.

Pendek kata, pas sebagai salah satu perangkat untuk mendukung keseruan liburan natal dan tahun baru kamu.

Gimana, tertarik?

Leave a Reply

Your email address will not be published.