Hp Harga 3 Jutaan, Pilih Realme U1 atau OPPO A7?

#kamisukareview – Berada pada rentang harga Rp3 jutaan, baik Realme U1 (Rp3 juta) maupun OPPO A7 (Rp3,3 juta) sama-sama menawarkan fitur unggulan di segmen serupa (entry-level).

Sejatinya keduanya diluncurkan secara global pada November 2018 dan kemudian diperkenalkan secara resmi di Indonesia pada Desember 2018.

Nah, buat kamu yang memiliki bajet Rp3 jutaan dan mengincar kedua Hp ini untuk dibeli salah satunya, maka kami akan sedikit memberikan gambaran. Tujuannya agar kamu bisa memilih sesuai kebutuhan kamu.

Yuk, simak ulasannya.

Desain

Meski berbobot serupa, yakni 168 gram, namun soal dimensi keduanya berbeda. Realme U1 memiliki ukuran sedikit lebih tinggi (157 mm) ketimbang OPPO A7 (156 mm).

Sementara OPPO A7 berdimensi lebih lebar (75,4 mm) ketimbang Realme U1 (74 mm). Soal tebal, keduanya setara yakni 8 mm.

Pada bagian belakang, hadir kamera ganda berikut LED flash pada kedua Hp ini, tak ketinggalan sensor sidik jari (fingerprint).

Keduanya dibalut dengan bahan plastik polycarbonate mengkilat yang memukau mata. Realme U1 tersedia dalam warna hitam, biru, dan emas (gold). Sedangkan OPPO A7 hadir dengan warna biru, emas (gold), dan merah muda (pink).

Secara umum, keduanya memikat dalam urusan desain, tinggal selera kamu yang menentukan.

Layar

Soal layar, kedua Hp ini mengusung layar penuh IPS LCD dengan aksen poni dengan model tetesan air (waterdrop).

Karena secara dimensi Realme U1 lebih tinggi, tentunya berpengaruh dengan diagonal layar, yakni 6,3 inci (rasio 19,5:9), sementara OPPO A7 tampil dengan layar 6,2 inci (rasio 19:9).

Meski keduanya sama-sama didukung proteksi Gorilla Glass 3 pada layarnya, namun resolusi layar keduanya berbeda. Realme U1 memiliki resolusi 1.080 x 2.340 piksel, sementara OPPO A7 hanya 720 x 1.520 piksel.

Spesifikasi

Keduanya seragam berjalan pada sistem operasi Android 8.1 Oreo dengan antarmuka (UI) ColorOS 5.2. Wajar saja, karena baik Realme U1 maupun OPPO A7 ini berada dalam satu payung perusahaan.

Meski begitu, keduanya mengusung jenis chipset (S0C) yang berbeda. Realme U1 dicangkokkan Mediatek Helio P70 (12 nm), sementara OPPO A7 ditanamkan Snapdragon 450 (14 nm).

Baik Realme U1 dan OPPO A7, keduanya dibekali dengan pilihan RAM 3GB/ROM 32GB dan RAM 4GB/ROM 64GB, serta slot alternatif untuk menyematkan memeori tambahan berjenis MicroSD berkapasitas maksimal 256GB.

Kamera

Nah, bagian kamera tentunya merupakan bagian krusial yang tak boleh kamu lewatkan. Pada punggung Hp Realme U1 maupun OPPO A7 terpasang disudut kiri kamera ganda 13MP + 2MP.

Fitur-fitur kamera itu juga tergolong lengkap, yakni  dengan kemampuan otofokus, aperture f/2.2, depth sensor, LED flash, HDR, dan panorama. Dan yang terpenting tertanam fitur kecerdasan buatan (AI).

Nah, yang tegas membedakan keduanya adalah kehadiran kamera selfie.

Realme U1 menghadirkan kamera selfie beresolusi 25MP f/2.0 – f/2.8 dengan sensor Sony IMX576. Sedangkan OPPO A7 hanya menyediakan kamera selfie 16MP f/2.0.

Keduanya pun meghadirkan fitur HDR untuk menyiasati pemotretan membelakangi cahaya (backlight).

Baterai

Karena memang menyasar untuk pengguna yang aktif, maka keduanya menyematkan baterai dengan kapasitas di atas rata-rata.

Realme U1 dibekali baterai berjenis lithium-ion berkapasitas 3.500 mAh, sedangkan OPPO A7 menghadirkan baterai dengan kapasitas yang lebih besar, yakni 4.230 mAh.

Leave a Reply

Your email address will not be published.