Realme U1, Hp Gaul Pas Buat Kongkow

#kamisukareview – Diluncurkan 10 Desember 2018, Realme U1 dihadirkan langsung untuk menyasar pasar anak muda Indonesia yang padat akan aktivitas keseharian.

Seperti dikatakan Josef Wang, Marketing Director Realme South East Asia (SEA), “Realme Indonesia dihadirkan untuk memenuhi kebutuhan anak muda di Indonesia dengan memberikan pengalaman foto selfie ke level tertinggi.”

Secara resmi Realme Indonesia menjual Hp ini dengan 3 varian warna, yakni fiery gold (emas), ambitious black (hitam), dan brave blue (biru).

Banderolnya juga pas di kantong, yaitu Rp2.699.000 untuk varian RAM 3GB/ROM 32GB, dan Rp2.999.000 untuk varian RAM 4GB/ROM 64GB.

Setelah menghabiskan beberapa waktu dengan Hp ini, kami pun sudah bisa mengambil kesimpulan. Buat yang dari kemarin kepo, simak baik-baik ya…

Desain kece

Secara umum, Hp berdimensi 157 x 74 x 8 mm ini cukup ringan, bobotnya hanya 168 gram. Walaupun penjualannya menyasar anak muda, namun Hp ini tampil dengan ‘look’ yang cukup keren.

Sekujur bodinya dibalut kombinasi plastik plastik dan bahan polycarbonat yang membuatnya tangguh namun tetap nyaman digenggam.

Polycarbonat pada punggung Hp juga bak kaca hingga membuatnya berkilap jika terkena cahaya.

Pada sisi Hp, kamu akan menemui beragam akses, mulai colokan charger USB (OTG support), speaker, jack audio 3,5 mm, tombol power, dan tombol volume (+/-).

Pastinya kamu gak akan tengsin menaruh Hp ini di meja cafe saat kongkow dengan teman-teman kamu, karena secara tampilan, Hp ini gak kalah kok dengan Hp-Hp premium.

Layar lega

Buat anak muda, Hp dengan layar lega itu harus. Nah, karenanya Realme U1 hadir dengan layar LTPS IPS LCD 6,3 inci.

Kamu gak perlu repot-repot memasangkan tempered glass pada layar Hp ini, karena Realme U1 telah dibekali dengan proteksi Corning Gorilla Glass 3.

Dengan menggunakan sistem antarmuka ColorOS 5 yang identik dengan tampilan antarmuka Hp OPPO. wajar saja, karena Realme merupakan sub-merek dari OPPO.

Hp ini juga mendukung layar yang atraktif dengan menyediakan fitur pendeteksi gerakan (gesture control) maupun partisi layar (split screen).

Pendek kata, kamu bisa menonton channel Youtube sembari chatting dengan temen-teman kamu. Keren kan!

Fitur, anak muda banget

Ada satu hal lagi yang tak kalah seru dengan Hp ini yang dirasa pas untuk anak muda, yakni fiturnya yang kekinian banget.

Kamu secara otomati bisa melakukan kloning aplikasi sosial media, seperti facebook, whatsapp, instagram, dll.

Kamu juga bisa mengatur beberapa aplikasi gaming kamu melalui game space. Dan yang tak kalah menarik, kamu bisa memainkan beberapa game yang saat ini tengah nge-hits. Mobile Legend atau PUBG misalnya.

Pendek kata, beberapa aplikasi untuk mengakomodir kebutuhan kamu sebagai anak ‘gaul’ pastinya terpasang di Hp ini.

Performa, lumayan

Karena memang diperuntukkan untuk anak muda, tentunya Realme tak sembarangan dalam menyediakan performa Hp ini.

Dalam beberapa tes yang kami lakukan, Hp ini mendapat poin 136.611 dalam pengukuran AnTuTu Benchmark.

Sementara melalui pengukuran Geekbench mendapatkan skor 1445 untuk single-core, dan 4996 pada multi-core.

Selain dengan kedua parameter tadi, kami juga melakukan pengkuran performa melalui 3D Mark, dan hasilnya Hp ini mendapatkan skor 941 pada sling shoot extreme – vulkan. Lumayan lah ya.

Secara spesifikasi teknis, Realme U1 dibekali chipset Mediatek Helio P70 (12 nm) Octa-core dengan prosesor grafis (GPU) Mali-G72 MP3.

Tersedia 2 versi Realme U1 yang dijual di Indonesia, yakni RAM 3GB/ROM 32GB dan RAM 4GB/ROM 64GB.

Jika kurang, masih ada slot ekternal untuk kartu memori berjenis MicroSD dengan daya tampung maksimal 256GB.

Kamera, cihuy!

Hal yang gak boleh dilewatkan adalah sektor kamera yang katanya menggunakan sensor buatan Sony.

Pada bagian belakang hadir kamera ganda pada sudut kiri atas. Kamera-kamera itu beresolusi 13MP f/2.2 otofokus + 2MP f/2.4 dengan depth sensor. 

2 kamera belakang itu mampu menangkap gambar dengan sempurna dengan kontras tinggi meski pencahayaan redup.

Sementara kamera selfie Realme U1 hadir sebesar 25MP, lengkap dengan sensor Sony IMX576 yang didukung fitur kecerdasan buatan (AI Beauty).

Hasilnya? Luar biasa cihuy deh.

Audio, nggak bising

Meski tak ada dalam paket penjualan, namun Realme menjual secara terpisah peranti earbud. Banderolnya cuma Rp89 ribuan. Untuk bagian ini, kami sedikit memaparkan lebih panjang.

Ada beberapa catatan kami usai kami menjajal earbud langsung menggunakan Hp Realme U1, yaitu;

  • Terdapat magnet pada masing-masing punggung speaker earbud yang membuatnya lebih ringkas usai digunakan.
  • Kabel dengan kombinasi karet dan kevlar yang membuat earbud ini jadi tak cepat kusut. Selain itu kevlar juga membuat kabel Earbud lebih kuat dan tak mudah putus.
  • Dengan cekungan sekitar 45 derajat pada ujung kiri dan kanan speaker, membuat earbud ini cukup nyaman digunakan, dan melekat erat pada daun telinga.
  • Tersedia pula tiga tombol yang dapat mengakses Google Assistant, mengecilkan dan membesarkan volume (+/-), serta menerima maupun melakukan panggilan telpon.
  • Yang terakhir tersemat logo baru Realme pada masing-masing speaker earbud sebagai penguat identitas merek dagang.

Secara fisik maupun penyematan device, boleh dibilang earbud Realme ini nyaman digunakan dan tak merisihkan telinga meski disematkan dalam waktu lama.

Meski begitu, kami juga akan sedikit membeberkan spesifikasi earbud yang dibuat oleh OPPO Mobile India Private ini.

Dalam kardus earbud, tertera dengan jelas bahwa earbud ini memiliki frekuensi rata-rata pada rentang 20-20.000 Hz (hertz). Angka terkecil merupakan bass, sementara angka tertinggi merupakan treble.

Secara umum, makin tinggi rentang frekuensi (bass-treble) sebuah perangkat audio, baik itu earbud, earphone, maupun headset, maka akan semakin kaya pula suara yang dihasilkan.

Umumnya perangkat audio untuk pengguna professional, berada pada rentang 4-30.000 Hz.

Kemudian soal impedance. Earbud Realme ini hadir dengan impedance sebesar 32 ohm, yang masuk pada kategori rendah (15-150 ohm). 32 ohm juga merupakan standart audio untuk perangkat mobil, semisal Hp atau tablet.

Meski begitu, masih ada juga yang sering menyematkan perangkat audio 55-70 ohm pada gadget, hasilnya cukup memekakkan telinga meski volume disetel kecil.

Sementara impedance kelas profesional yang memiliki angka 100-600 ohm yang tentunya membutuhkan headphone amplifier

Hal yang tak kalah penting yang kami perhatikan adalah soal Sound Pressure Level (SPL) sebesar 106 desibel (dB) pada earbud ini.

Desibel merupakan batas ukur dari sebuah besaran suara. Makin besar desibel, maka akan semakin besar pula suara yang dikeluarkan.

Beberapa pakar audio pernah mengatakan kepada kami bahwa perangkat audio yang cukup aman dan sehat untuk gadget berada pada kisaran kurang dari 85 desibel.

Saran kami, jika menggunakan earbud ini, jangalah sampai menyetel penuh/full volumenya, untuk mendapatkan kenyamanan pendengaran. Apalagi saat digunakan untuk bermain game online atau mendengarkan musik dalam perjalanan.

Soal distorsi suara pada earbud ini, spesifikasi teknis menunjukkan Total Harmonic Distorsion (THD) pada earbud ini sebesar 1 persen pada 1 kHz/100 dB. Perangkat audio yang bagus adalah yang memiliki 0,1 persen pada 1 kHz/100 dB.

Pendek kata, kamu akan menemukan sedikit noises yang terdengar pada penyetelan volume yang kelewat tinggi.

Meski begitu, earbud Realme ini boleh dikatakan cukup mengakomodasi kebutuhan audio kamu. Yang terpenting juga, gak bising.

Baterai, lumayan awet

Dengan bekal baterai lithium-ion berkapasitas 3500 mAh, Hp ini diklaim cukup awet daya untuk menemani aktivitas keseharian. Karena dalam sekali pengisian daya, cukup untuk bertahan selama 47 jam dalam posisi stand by.

Tapi Jika kamu doyan kongkow, maka tak ada salahnya bawa powerbank buat jaga-jaga. Karena kami pun begitu.

Untuk penggunaan umum, seperti WA-an, menonton channel youtube, mendengarkan musik, baterai cukup untuk sehari. Sementara jika digunakan untuk game online, setengah hari saja sudah habis.

Meski begitu, kamu gak perlu risau, karena pengecasan Hp ini juga dilengkapi dengan fast charging hingga tak perlu lama-lama mencolokkan kabel charger ke listrik.

Kesimpulan

Secara umum, Hp ini layak digenggam anak gaul masa kini yang membutuhkan Hp kece, fitur kekinian, dan tentunya awet baterai.

Nah, untuk mendongkrak penampilan Hp, maka Realme menjual secara terpisah softjacket dengan motif trendi, serta earbud.

Seberapa populer Realme U1?

Berbicara soal popularitas Hp ini, dalam kurun sebulan belakangan (10/12/2018 – 10/1/2019), produk Realme U1 cukup mendapat respons positif usai diluncurkan di Indonesia (10/12/2018), meski grafiknya masih terlihat fluktuatif.

Mention terkait kata kunci Realme U1 relatif stabil di ranah media sosial, begitupun jangkauannya (reach) yang mencapai 18,7 juta.

Realme U1 sukses mendapat respons dari forum diskusi salah satunya di forum Kaskus.co.id, itu terbukti dari total 2.678 mention, produk ini cukup populer dibicarakan dengan pencapaian 33,7 persen (903 mention).

Sementara laman Web juga masih menjadi saluran paling efektif untuk memopulerkan nama Hp ini dengan mendapatkan 32,7 persen (877 mention), diikuti perbincangan di laman media sosial Facebook yang mencatatkan persentase 11 persen (295 mention).

Kanal media sosial lain, seperti Instagram dan Youtube menempati peringkat ketiga dan keempat–boleh jadi cukup rendah–dengan pencapaian 10,6 persen (283 mention) dan 8 persen (215 mention).

Leave a Reply

Your email address will not be published.