Realme Buds, Cukup Bagus untuk Harga 89 Ribuan

#kamisukareview – Tak hanya menyediakan Hp yang boleh dikata pas untuk anak gaul yang doyan kongkow, Realme juga menyediakan beragam aksesori pendukung, Earbuds misalnya.

Mereka menamakannya dengan nama Realme Buds. Banderolnya juga gak mahal, cuma Rp89 ribuan. Pasti terjangkau banget-lah buat kantong-kantong anak muda kekinian.

Perangkat audio sepanjang kurang lebih 110 cm ini modelnya seperti earbuds kebanyakan. Dengan dua cabang untuk disematkan ke telinga kiri dan kanan.

Menurut kami, material pembalut kabel tergolong kuat yang merupakan perpaduan antara karet dan lapisan kevlar. Pendek kata, dengan kombinasi tadi, kabel Realme Buds menjadi tak mudah putus.

Kami akan coba sedikit memaparkan terkait kenyamanan menggunakan perangkat audio yang diproduksi oleh OPPO Mobiles India Private Ltd ini.

Kemasan

Pada paket penjualan kamu akan mendapati Realme Buds ini dalam kemasan kardus kuning, tetap dengan mengusung jargon ‘proud to be young’.

Kamu juga mendapatkan beberapa buds cadangan berbahan karet lembut berwarna kontras hitam kuning transparan dengan ukuran diameter yang beragam, yakni 10 mm, 11 mm, dan 12 mm.

Kamu bisa pakai pilihan buds tadi sesuai kecocokan saat disematkan ditelinga.

Fitur dan ergonomi

Masuk ke sektor ergonomi, kami meminta pendapat beberapa orang dengan menggunakan Realme Buds.

Dari beberapa orang yang kami mintai pendapatnya itu, dominan mengaku nyaman saat menyematkan Realme Buds di telinga mereka, tentunya dengan pilihan buds yang beragam tadi.

Kelebihan Realme Buds ketimbang earbuds lain yang beredar di pasaran adalah dengan menyematkan magnet pada punggung masing-masing driver-nya, sehingga tak menyulitkan ketika akan digulung usai pemakaian atau saat digantung di leher pengguna.

Terlihat pula secara tegas logo baru Realme sebagai identitas merek dagang aksesori Realme Buds.

Sementara dengan cekungan sekitar 45 derajat pada ujung driver–tempat dipasangkan buds–membuat Realme Buds cukup merekat erat dan tak mudah lepas ketika digunakan.

Pada kabel untuk telinga kanan, terdapat 3 tombol yang dapat mengakses Google Assistant, mengecilkan dan membesarkan volume (+/-), serta menerima maupun melakukan panggilan telpon.

Secara umum, kami menyimpulkan penyematan device audio ini cukup nyaman untuk digunakan pada aktivitas keseharian, pun tak merisihkan kedua telinga meski digunakan dalam waktu lama.

Spesifikasi

Untuk menjajal spesifikasi Realme Buds, kami mendengarkan saalah satu musik atau lagu dengan instrumen maupun suara yang cukup lengkap melalui lagu ‘Bohemian Rhapsody’ karya Queen.

Menurut kami, lagu tersebut mewakili beragam lantunan nada yang cukup kaya, mulai dari nada terendah hingga tertinggi.

  • Frekuensi

Dalam kardus kemasan Realme Buds, tertera dengan jelas bahwa earbuds ini memiliki frekuensi rata-rata pada rentang 20-20.000 Hz (hertz).

Artinya, angka terkecil merupakan bass, sementara angka tertinggi merupakan treble.

Secara umum dalam dunia audio, semakin tinggi rentang frekuensi (bass-treble) sebuah perangkat audio, maka akan semakin kaya pula suara yang dihasilkan.

Sebagai informasi, perangkat audio untuk pengguna professional, berada pada rentang 4-30.000 Hz.

Maka dengan frekuensi yang dimiliki Realme Buds, kami merasa audio yang disalurkan cukup untuk digunakan dan dinikmati sehari-hari. Tak hanya untuk Hp Realme, tapi juga Hp lain atau laptop.

  • Impedance

Realme Buds hadir dengan impedance sebesar 32 ohm, yang masuk pada kategori rendah (15-150 ohm). 32 ohm juga merupakan standart audio untuk perangkat mobile, semisal Hp, tablet, atau laptop.

Jadi, jangan dibandingkan dengan impedance perangkat audio kelas profesional yang memiliki angka 100-600 ohm, karena tentunya membutuhkan headphone amplifier.

  • Sound pressure level

Hal yang tak kalah penting yang kami perhatikan adalah soal Sound Pressure Level (SPL) yang tertulis di kardus kemasan sebesar 106 desibel (dB).

Desibel merupakan batas ukur dari sebuah besaran suara. Makin besar desibel, maka akan semakin besar pula suara yang dikeluarkan.

Meski begitu, kami berpendapat bahwa perangkat audio yang cukup aman dan sehat untuk telinga pada perangkat mobile (Hp/gadget) berada pada kisaran kurang dari 85 desibel.

Meski besaran desibel Realme Buds berada di atas angka itu, namun masih cukup nyaman digunakan.

Saran kami adalah, jika menggunakan Realme Buds, jangalah sampai menyetel penuh/full volumenya, untuk mendapatkan kenyamanan pendengaran.

Apalagi saat digunakan untuk bermain game online atau mendengarkan musik dalam perjalanan.

  • Total harmonic distorsion

Soal distorsi suara pada Realme Buds, spesifikasi teknis menyebut Total Harmonic Distorsion (THD) pada perangkat ini sebesar 1 persen pada 1 kHz/100 dB.

Sebagai catatan, perangkat audio yang bagus adalah yang memiliki 0,1 persen pada 1 kHz/100 dB.

Pendek kata, kami menemukan sedikit desis (noises) yang terdengar pada penyetelan volume yang kelewat tinggi pada Realme Buds.

Kesimpulan

Secara umum Realme Buds cukup ideal untuk digunakan sebagai perangkat audio untuk menemani aktivitas keseharian kamu.

Selain mungil dan ringkas, suara yang dihasilkan pun cukup lumayan baik ketimbang earbuds sekelasnya. Belum lagi harganya yang kelewat terjangkau untuk kamu kalangan anak gaul.

Sebenarnya, akan lebih keren jika Realme menyediakan perangkat audio lain berbasis ekositem, seperti speaker bluetooth, headphone, atau bluetooth headphone, dll.

Seberapa populer Realme Buds?

Sejak diperkenalkan secara global dan di Indonesia, kata kunci Realme Buds pada awalnya cukup mendapat perhatian di ranah media sosial, terutama pada tanggal 10 Desember 2018 saat Realme U1 dan Realme Buds diperkenalkan di Indonesia.

Namun kemudian trennya turun, hingga pada awal januari 2019 kembali mendapat perhatian pengguna audio mobile.

Grafik ini menyampaikan pesan bahwa promosi terkait perangkat ini sejatinya dilakukan simultan dan berkelanjutan, karena berhubungan langsung dengan Hp Realme yang cukup mendapat perhatian publik dengan penjualan yang memukau.

Dari 588 mention kata kunci Realme Buds yang tersebar dalam kurun sebulan (10 Desember 2019 – 10 Januari 2019), kami mendapati fakta bahwa 32,5 persen kata kunci itu cukup populer dikalangan Blogger dengan catatan 193 mention.

Kemudian laman online (Web) turut andil untuk memopulerkan Realme Buds dengan pencapaian 24,4 persen (145 mention).

Sementara penikmat video Youtube boleh jadi sedikit puas dengan review produk Realme Buds, karena Youtube menjadi salah satu saluran yang cukup baik dengan menuliskan 118 mention (19,9 persen).

Sayangnya, Realme Buds kurang begitu populer dikanal pemberitaan (News) dan sosial media yang paling banyak diakses masyarakat saat ini, yakni Facebook dan Instagram.

Di laman Facebook, hanya hadir 50 mention (8,4 persen), sementara di Instagram hanya tercatat 22 mention (3,7 persen).

Leave a Reply

Your email address will not be published.