Walau ‘Turun Pangkat’, Ini Kelebihan Nokia 8.1

#kamisukareview – Nokia bakal menggeser posisi seri 8 menjadi segmen kelas menengah (mid-end) setelah sebelumnya seri ini didapuk sebagai segmen premium, melalui Nokia 8 Sirocco.

Hal tersebut dikarenakan Nokia akan merilis Hp mewah mereka, yakni N0kia 9, sebagai Hp kelas premium (high-end) mereka yang akan menggunakan chipset Snapdragon 835.

Kabar tersebut diperkuat dengan peluncuran Nokia 8.1 yang merupakan versi global dari Nokia X7 yang diluncurkan di Tiongkok, Oktober lalu.

Seperti kembarannya itu (Nokia X7), Nokia 8.1 dibekali dengan kamera belakang ganda 12MP + 13MP Zeiss optics, dual-LED dual-tone flash, panorama, HDR, serta chipset Snapdragon 710, termasuk baterai 3.500 mAh, RAM 4GB atau 6GB, ROM 64GB/128GB, dan sistem operasi Android Pie (v9.0).

Baca juga

Tentunya sematan prosesor Snapdragon 710 bukan tanpa alasan dan menjadi satu kelebihannya, karena sejatinya chipset itu memiliki beberapa keunggulan ketimbang versi sebelumnya (seri 600-an).

Salah satu keunggulannya adalah mampu membuat Hp menjadi lebih powerful, serta sanggup meningkatkan kinerja optimal prosesor grafis (GPU).

Selain itu, Hp ini juga dapat menghemat konsumsi baterai dengan signifikan, yakni sekitar 40 persen saat digunakan untuk kinerja multitasking.

Efek lain dari chipset ini adalah saat melakukan pengecasan yang mampu mendistribusikan aliran daya listrik itu secara maksimal.

Hp ini juga dibekali layar LCD 6,2 inci lengkap dengan poni (notch) untuk menyematkan kamera selfie 20MP.

Selain itu Hp ini juga didukung CPU Octa-core (2×2.2 GHz 360 Gold & 6×1.7 GHz Kryo 360 Silver) dengan chipset grafis (GPU) Adreno 616.

Di pasar global, Hp ini dibanderol sekitar 399 euro, atau setara Rp6,6 jutaan untuk versi tertingginya, dan 345 euro (Rp5,7 juta) untuk versi terendahnya (RAM 4GB/ROM 64GB).

Leave a Reply

Your email address will not be published.